Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

9 Buah Untuk Ibu Hamil Muda Yang Sehat Dan Bagus Bagi Janin


Banyak mitos yang mengatakan bahwa ada beberapa buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Alasannya adalah karena janin yang ada di dalam perut bisa terkena dampak negatif, mulai dari lahir cacat hingga keguguran. Mendengar hal ini, banyak ibu hamil yang menjadi sedikit takut untuk mengkonsumsi buah-buahan. Mereka takut setiap makan buah, akan ada efek samping yang diderita oleh sang jabang bayi.

Buah Untuk Ibu Hamil Yang Menyehatkan

Padahal, buah merupakan makanan yang sehat penuh vitamin dan diperlukan oleh janin. Pola makan yang mengandung buah ini bahkan bisa dibilang salah satu faktor penting untuk melancarkan kehamilan anda. Apakah anda sudah tahu jenis buah untuk ibu hamil yang baik untuk janin? Jika belum, simak buah untuk ibu hamil dibawah ini yah!

1. Aprikot

Aprikot merupakan jenis buah berbiji besar yang berwarna keemasan dengan tekstur beludru. Buah ini memili rasa manis dan tajam, yang kadang tidak semua orang sanggup menghabiskannya. Buah ini baik untuk ibu hamil

Beberapa Alasan Aprikot Baik Untuk Ibu Hamil:

  • Buah ini mengandung Vitamin A, C, E, Beta Carotene, Phosphorus, Silicon, Kalsium, Zat Besi dan Potassium.
  • Buah ini mengandung nutrisi super untuk membantu perkembangan janin agar selalu sehat.
  • Merupakan sumber zat besi yang tinggi, dimana hal ini penting karena dapat mencegah anemia.
  • Disarankan untuk mengkonsumsi 2 hingga 4 buah aprikot setiap harinya.

2. Ceri

Pada saat hamil, sang ibu memerlukan asupan vitamin C untuk memerangi infeksi seperti flu atau ruam-ruam pada kulit. Ceri memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yang juga dapat membantu memberikan suplai darah pada placenta sang bayi.

Selain itu, buah ceri ini dipenuhi dengan Melatonin, sebuah hormone antioksidan yang sangat kuat yang dapat membantu menstimulasi perkembangan sel pada saat masa hamil. Para ahli juga mengatakan bahwa buah ceri dapat membantu sang ibu untuk tidur lebih nyenyang karena kandungan anti-stress di dalamnya.

3. Anggur

Anggur bisa menjadi salah satu cemilan buah untuk ibu hamil yang baik untuk janin. Alasannya adalah, buah anggur memiliki kandungan nutrisi esensial seperti glukosa, fruktosa, pholbaphene, silicic acid, oxalic acid dan masih banyak lagi. Vitamin yang terkandung pada buah anggur ini pun banyak, yaitu vitamin B1, B2, B6, B12, A, C, P, PP, K. Selain itu, kandungan enzim yang baik untuk tubuh pun banyak terdapat pada buah anggur ini.

4. Jambu

Jambu yang merupakan buah khas daerah tropis ini merupakan jenis buah yang cocok untuk ibu hamil. Selain karena rasanya yang enak, manfaat kandungan nutrisi di dalamnya pun tidak main-main. Buah jambu ini dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan menjaga tekanan darah pada saat kehamilan.

Beberapa kandungan yang membuat jambu menjadi favorit untuk ibu hamil adalah kandungan vitamin C, vitamin E, Iso-flavonoids, Carotenoids dan Polyphenols. Buah jambu ini juga memiliki tekstur yang mudah dicerna, sehingga nutrisi yang ada akan lebih mudah diserap oleh sang bayi.

5. Kiwi

Buah kiwi merupakan sejenis buah bertekstur luar seperti beludru yang rasanya manis agak asam. Buah ini kaya akan vitamin C, E, A, Potassium, phosphorus, magnesium, folic acid dan serat sehat. Efek yang diberikan oleh buah ini bisa dibilang unik, yaitu dapat memperkuat sistem pernafasan tubuh dan membuatnya tidak mudah terkena batuk dan demam. Buah ini juga membantu melancarkan peredaran dalam darah karena kaya akan kandungan phosphorus.

6. Mangga

Mangga, buah yang menjadi favorit hampir semua ibu hamil ini memang sudah terkenal dengan manfaat alaminya. Mangga mengandung vitamin C yang sangat banyak, yang berguna untuk melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Selain itu, buah manga ini akan menjaga tubuh agar selalu dalam kondisi fit dan tidak mudah sakit.

7. Stroberi

 

Seperi buah ceri, buah stroberi ini cocok dijadikan sebagai cemilan buah ringan yang baik untuk ibu hamil. Buah strawberi ini bisa anda konsumsi sepanjang hari, dimana buah ini akan membuat badan dan pencernaan anda selalu segar. Kandungan vitamin dan serat yang banyak akan membuat anda senantiasa sehat, dan memiliki pencernaan yang lancar. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan nutrisi lainnya yang dapat membantu tumbuh kembang sang bayi, seperti manganese dan potassium.

8. Semangka

Dengan kandungan penuh mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, sudah jelas bahwa semangka merupakan salah satu jenis buah untuk ibu hamil yang harus dikonsumsi. Kandungan nutrisnya nya pun cukup banyak, yaitu vitamin A, C, B7, magnesium dan potassium. Buah semangka ini juga akan membantu ibu hamil agar tidak mudah merasa mual setiap pagi hari nya.

9. Pisang

Buah pisang ini bisa dibilang sebagai salah satu jenis buah yang paling baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Pisan memiliki kandungan folate, vitamin C, B6, potassium yang tinggi dan magnesium. Folate ini dapat melindungi janin dengan kuat dari serangan radikal bebas. Adapun potassium ini sangat berguna untuk melindungi sang ibu hamil dari kemungkinan stroke atau komplikasi lainnya yang berhubungan dengan kehamilan.

Bagaimana? Sudah jelas kan buah untuk ibu hamil yang bagus dikonsumsi saat hamil? Ya, buah merupakan salah satu grup makanan yang harus dimasukan dalam menu makanan sehari-hari agar bayi berkembang dengan sempurna. Janin membutuhkan kandungan beta-karotin yang banyak, dan hanya buah lah yang bisa memberikan nutrisi tersebut secara alami.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.