Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

8 Cara Membuat Masker Kopi Untuk Kecantikan Wajah

Kopi memiliki kandungan kafein yang terbilang sangat tinggi, sehingga banyak dijadikan sebagai minuman pengusir lelah dan kantuk. Jadi wajar saja jika selama puluhan tahun belakangan, berbagai racikan minuman dari kopi begitu populer di hampir semua belahan dunia.

cara membuat masker kopi

Namun selain dijadikan minuman, kopi juga banyak dijadikan sebagai salah satu bahan untuk produk kecantikan, salah satunya masker wajah. Kandungan antioksidan seperti flavanoid serta polifenol di dalamnya, memiliki banyak manfaat baik bagi kulit serta bisa menjadi penangkal radikal bebas yang kerap membuat berbagai masalah pada kulit wajah.

Cara Membuat Masker Kopi Dengan Mudah

Untuk membuat masker kopi, jenis kopi yang digunakan adalah jenis kopi murni atau yang akrab dikenal dengan nama kopi hitam. Ada banyak cara membuat masker kopi yang mudah dilakukan, beberapa di antaranya seperti di bawah ini:

1. Kopi murni

Kopi yang digunakan untuk membuat masker ini adalah jenis kopi hitam, yakni berupa ampas kopi dari kopi yang telah diseduh atau digunakan sebelumnya. Tidak perlu dicampurkan dengan apa-apa, balurkan langsung ampas kopi pada wajah secara merata, lalu diamkan dengan rileks hingga 15 menit.

Gosok wajah dengan lembut, sehingga kotoran luruh bersama dengan ampas kopi yang telah mengering. Lalu basuh wajah degan air dingin, dan keringkan dengan handuk bersih. Lakukan hal ini 2 kali seminggu, agar wajah bersih dan tetap awet muda.

2. Kopi dan Lemon

Siapa yang tidak tahu khasiat lemon pada kulit? Sejak lama buah yang satu ini dikenal sebagai antioksidan dan juga sumber vitamin c yang bisa membantu kulit menjadi lebih cerah. Ambil kopi hitam dan campurkan dengan satu sendok makan air perasan lemon, lalu aduk hingga menjadi pasta.

cara membuat masker kopi

Balurkan pada wajah yang telah bersih dan biarkan hingga mengering (sekitar 20 menit). Cobalah untuk rileks selama menggunakan masker, agar masker bisa meresap dengan sempurna. Bilas masker dengan menggunakan air dingin dan keringkan. Lakukan hal ini 2 kali dalam sepekan, agar hasilnya maksimal.

3. Kopi dan pisang

Bukan hanya lezat saat dimakan, pisang juga mengandung vitamin C yang tinggi dan bisa mencerahkan kulit dengan maksimal. Pilih pisang yang matang dan bertekstur lembut, seperti pisang ambon. Kupas dan lumatkan dalam mangkuk, lalu campurkan dua sendok ampas kopi.

Aduk hingga menjadi pasta dan balurkan secara merata pada wajah yang telah bersih. Masker ini bisa membuat wajah menjadi cerah dan tidak bernoda. Biarkan masker hingga mengering (20 menit), sebelum akhirnya dibilas dengan air dingin. Gunakan masker kopi ini 2-3 kali dalam seminggu.

4. Kopi dan susu murni

Susu kaya akan kalsium, fosfor, serta berbagai vitamin lainnya yang bisa menyehatkan kulit, sehingga sangat tepat untuk menggunakan bahan yang satu ini bersama dengan kopi. Gunakan 3 sendok makan susu murni (bebas gula dan perasa), ditambah 2 sendok makan kopi bubuk.

cara membuat masker kopi

Aduk rata hingga adonan menyerupai pasta. Balurkan pasta pada wajah yang telah dibersihkan, sehingga bisa meresap dengan baik dan sempurna. Birkan masker selama 30 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan air dingin. Lakukan proses ini 2-3 kali dalam seminggu, agar kulit wajah terlihat segar dan kenyal.

5. Kopi dan yoghurt

Olahan susu yang satu ini juga memiliki kandungan vitamin C serta protein yang baik bagi kulit. Pilih dan gunakan yoghurt alami (plain) yang tidak ditambahkan pemanis serta pewarna apapun. Ambil 3 sendok makan yoghurt dan tambahkan dengan 2 sendok makan kopi bubuk.

Aduk rata hingga menjadi pasta, lalu balurkan pada wajah secara merata. Biarkan masker meresap dengan sempurna (sekitar 30 menit), lalu bilas dengan menggunakan air bersih. Proses ini bisa diulang 2 kali dalam seminggu, agar hasilnya maksimal.

6. Kopi dan madu

Madu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, ditambah beragam vitamin lainnya yang bisa merawat kesehatan kulit dengan baik. Ambil 3 sendok madu murni di tambah dengan 2 sendok bubuk kopi, masukkan dan aduk di dalam mangkuk kecil.

cara membuat masker kopi

Pastikan adonan tidak terlalu encer dan kental, sehingga mudah diterapkan pada wajah. Jika adonan telah rata dan membentuk pasta, balurkan pada wajah hingga merata, dan biarkan meresap sempurna (sekitar 25 menit). Bilas wajah dan bersihkan dengan menggunakan air dingin. Ulangi langkah ini 2 kali seminggu, agar hasilnya labih maksimal.

7. Kopi dan minyak zaitun

Masker yang satu ini sangat tepat bagi kulit yang cenderung kering, sebab minyak zaitun bisa memberikan kelembaban alami pada kulit dengan sangat baik. Gunakan 2 sendok minyak zaitun murni dengan 2 sendok makan kopi bubuk, lalu aduk hingga menjadi pasta. Atur tingkat kekentalannya, agar pasta mudah diterapkan pada wajah.

Oleskan pasta pada wajah yang telah dibersihkan dan biarkan meresap hingga 30 menit. Bilas wajah dengan menggunakan air hangat terlebih dahulu, lalu diakhiri dengan air dingin setelahnya. Untuk hasli terbaik, lakukan hal ini 3 kali dalam seminggu.

8. Kopi dan telur

Putih telur bisa menambah kekencangan kulit secara alami, termasuk membersihkan kulit dari minyak dan kotoran lainnya. Gunakan putih telur dengan dua sendok makan kopi bubuk, aduk rata hingga berbusa dan mengental. Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan dan diamkan selama 30 menit agar meresap. Bersihkan dengan menggunakan air dingin, lalu keringkan wajah setelahnya. Gunakan masker ini 2 kali seminggu, agar hasilnya maksimal.

cara membuat masker kopi

Bukan hanya diminum saja, namun kopi juga memiliki khasiat yang baik bagi kulit. Pilih dan gunakan jenis masker kopi yang tepat, agar kulit lebih sehat dan bersih.

Cara membuat masker kopi terbilang sangat mudah dan simpel, sehingga tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan ritual perawatan wajah yang satu ini secara rutin.


Pencarian:
  • cara membuat masker kopi
  • https://karyasehat com/cara-membuat-masker-kopi/
  • masker kopi
  • Cara membuat masker
  • cara membuat masker kopi dan gula
  • cara membuat mas
  • Cara membuat masker ko
  • cara membuat masker kopi sendiri
  • cara membuat masker dari kopi
  • Cara membuat masker daru ampas ko
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.