Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

8 Cara Memutihkan Kuku Agar Tampak Cantik dan Sehat

Menjaga kebersihan kuku tentu menjadi hal yang sangat penting, sebab dengan begitu kuku akan sehat dan terlihat putih. Untuk kebanyakan orang, kuku yang putih memang wajib dimiliki untuk menunjang penampilan mereka menjadi lebih sempurna lagi.

cara memutihkan kuku

Namun hal ini tidak selalu bisa dilakukan dengan mudah, sebab ada banyak hal yang bisa saja membuat kuku tampak kusam dan bahkan terlihat menguning. Jika sudah begini, maka pilihan untuk memutihkan kuku tentu menjadi hal yang wajib dilakukan.

Cara Memutihkan Kuku Secara Alami

Berikut ini adalah beberapa cara memutihkan kuku yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah:

1. Oleskan kulit pisang

Kulit pisang memiliki kandungan kalsium dan juga vitamin C yang tinggi dan memiliki efek untuk memutihkan, termasuk untuk memutihkan kuku. Cukup ambil kulit pisang yang matang, lalu oleskan bagian dalamnya pada permukaan kuku secara merata. Biarkan hingga 20 menit, sebelum akhirnya dibilas dengan menggunakan air dingin. Cara ini bisa dilakukan sesering mungkin, hingga kuku terlihat lebih putih dari sebelumnya.

Baca Juga → Cara Memutihkan Ketiak

2. Gunakan perasan air jeruk

Kandungan vitamin C yang tiggi di dalam jeruk dapat membuat kuku menjadi lebih putih dan bersih, bahkan dalam satu atau dua kali pemakaian saja. Cukup peras satu buah jeruk nipis ke dalam mangkuk kecil, lalu sapukan air perasan ini pada permukaan kuku dengan menggunakan kapas / kuas.

cara memutihkan kuku

Pastikan semua permukaan kuku diolesi secara merata. Biarkan kuku dalam kondisi ini selama satu jam penuh, lalu bilas dengan air dingin. Kuku akan tampak lebih putih dan bersih dari sebelumnya.

3. Baking soda

Ampuh membersihkan berbagai noda membandel sekalipun, baking soda juga bisa memutihkan kuku dengan cepat dan mudah. Larutkan 4 sendok baking soda bersama sedikit air, upayakan agar bisa menjadi pasta dan tidak terlalu encer.

Terapkan pasta baking soda ini pada permukaan kuku secara merata, lalu biarkan mengering dengan sendirinya. Diamkan selama 1 jam atau hingga pasta mengering dan jatuh sendiri dari kuku, lalu bilas dengan air bersih.

4. Oleskan stroberi

Kandungan vitamin C yang tinggi pada stroberi, mampu memutihkan kuku dengan efektif. Buah berwarna merah ini juga sangat lunak dan mudah digunakan pada kuku. Ambil satu buah stroberi segar dan potong menjadi 2 bagian, lalu langsung oleskan pada permukaan kuku secara merata. Biarkan hingga 30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat agar warna kemerahan pada kuku bisa hilang dengan sempurna. Lakukan hal ini 2 kali seminggu, agar kuku tampak semakin putih dan sehat.

cara memutihkan kuku

5. Mengkonsumsi jenis kacang-kacangan

Kuku kusam atau kekuningan, bisa juga disebabkan oleh kurangnya vitamin serta protein nabati di dalam tubuh. Kedua kandungan penting ini bisa didapatkan dengan mudah di dalam kacang-kacangan, bahkan dalam jumlah yang cukup besar. Cobalah untuk mengkonsumsi kacang-kacangan dalam jumlah yang cukup, sehingga asupan protein nabati di dalam tubuh bisa tercukupi dengan baik.

Baca Juga → Cara Memutihkan Kulit Bayi

Hal ini bukan hanya akan menyehatkan kuku saja, namun menyehatkan rambut sekaligus. Mengkonsumsi kacang almon, mede, atau yang lainnya secara teratur dan dalam takaran yang cukup, bisa membantu untuk merawat dan membuat kuku tampak lebih putih dari sebelumnya.

6. Cuka apel

Cara memutihkan kuku dengan cuka apel. Cuka apel kaya akan kandungan malat dan juga asam asetat yang dapat membantu mengurangi warna kusam pada kuku yang tidak cerah. Namun konsentratnya yang keras, tidak cocok untuk digunakan secara langsung pada kuku. Ambil 4 sendok makan cuka apel, lalu campurkan dengan secangkir air hangat di dalam mangkuk.

Masukkan dan rendamlah kuku selama 25 menit di dalam cairan tersebut, sehingga cairan cuka meresap dengan maksimal pada kuku. Setelah 25 menit / air sudah dingin, bilaslah kuku dengan menggunakan air bersih yang dingin. Lakukan hal ini secara teratur setidaknya sekali seminggu, sehingga kuku menjadi lebih putih dan bersih.

7. Bersihkan dengan cairan mouth wash

Bukan hanya memutihkan gigi saja, namun cairan mouth wash juga sangat efektif untuk memutihkan kuku yang kusam dan kekuningan. Cukup tuangkan satu tutup botol mouth wash (sekitar 30 ml) ke dalam sebuah mangkuk, lalu celupkan dan rendam kuku dengan cairan ini selama 5 menit. Agar lebih efektif, gunakan sikat gigi lembut untuk menyikat setiap kuku hingga bersih. Cara ini akan membuat kuku menjadi lebih putih, terutama jika dilakukan secara teratur 2 kali dalam sepekan.

8. Gosok dengan kulit jeruk

Bukan hanya air perasannya saja, kulit jeruk juga bisa membantu untuk memutihkan kuku yang terlihat kusam kekuningan. Ambillah kulit jeruk yang segar dan baru saja dikupas dari buahnya, lalu gosokkan pada permukaan kuku. Gosokkan bagian dalam (bagian yang putih) kulit jeruk dan bukan bagian luarnya. Biarkan hingga 20 menit, sebalum akhirnya dibilas dengan menggunakan air dingin. Lakukan hal ini secara teratur pada semua kuku, sebanyak 2 kali dalam seminggu. Jika dilakukan secara rutin, kuku akan terlihat lebih sehat dan putih.

cara memutihkan kuku

Tidak selalu menggunakan bahan kimia yang keras dan sejumlah peralatan canggih, kuku yang kusam dan kekuningan juga bisa dibersihkan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah.

Cara memutihkan kuku dengan aman dan menggunakan bahan-bahan alami pilihan tentu bisa dijadikan pertimbangan, sebab kuku sehat dan putih juga bisa didapatkan dengan perawatan alami yang cukup mudah dilakukan.


Pencarian:
  • cara memutihkan kuku
  • agar kuku menjadi putih
  • cara agar kuku
  • cara memutihkan kuku kaki menggunakan bahan alami
  • cara putikan kuku
  • memutihkan kuku di rumah
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.