Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

12 Cara Mengatasi Diare Yang Ampuh, Cepat dan 100% Bahan Alami

Diare merupakan penyakit gangguan pencernaan yang bisa dialami seseorang karena berbagai sebab. Pemyakit ini bisa terjadi karena infeksi virus dan bakteri, alergi makanan, atau pun penyebab lainnya. Jika orang normal biasa BAB satu kali sehari, saat terkena diare seseorang bisa berkali-kali BAB.

Cara Mengatasi Diare Secara Alami

Meski bukan penyakit berbahaya, tapi diare tidak bisa disepelekan karena bisa membuat seseorang mengalami dehidrasi dan lemas. Nah, untuk itu penyakit diare perlu ditangani dengan baik agar tidak memberikan dampak yang semakin buruk. Inilah cara mengatasi diare yang dapat anda lakukan:

1. Mengkonsumsi banyak cairan

Ketika sedang mengalami diare anda akan kehilangan banyak cairan, karena apa yang anda makan akan cepat dikeluarkan kembali dengan bolak-balik ke toilet. Pada situasi ini anda membutuhkan banyak cairan agar tubuh tetap memiliki tenaga dan tak lemas. Cairan bisa berupa minum air putih, jus, kuah kaldu, larutan gula garam atau oralit. Anda juga bisa mengkonsumsi oralit yang ada dalam kemasan dan tinggal minum atau pun membuatnya sendiri dengan mencampur segelas air dengan sedikit gula dan garam.

2. Konsumsi makanan yang mudah dicerna

Saat diare organ pencernaan sedang mengalami masalah dan tak bisa bekerja dengan baik. Alangkah baiknya jika anda membantu tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna. Diperlukan makanan yang semi padat dan rendah serat, seperti: nasi, telur, roti, dan lain-lain.

3. Konsumsi minuman probiotik

Dalam sebotol kecil minuman probiotik terdapat banyak sekali bakteri baik. Mengkonsumsi minuman ini akan membantu tubuh melawan bakteri jahat yang sedang bersarang di saluran perncernaan. Selain minuman probiotik, keju dan yogurt juga memiliki fungsi yang sama.

4. Jahe

Jahe biasanya diidentik denga obat masuk angin. Padahal jahe juga bisa menjadi obat dikala anda sedang mengalami diare. Caranya, potong-potong jahe dengan ukuran sedang lalu tambahkan air dan rebus jahe sampai mendidih. Kemudian saring airnya dan tunggu sampai tidak terlalu panas. Tambahkan madu sebagai pemanis. Minuman jahe siap dikonsumsi sebagai obat diare.

5. Buah pisang

Buah pisang memiliki kandungan pektin. Berfungsi sebagai serat yang mampu larut dalam air, pisang akan membantu memadatkan fases dan menyembuhkan diare. Selain itu, vitamin yang ada pada buah ini juga akan membantu memulihkan tenaga.

6. Minyak habatussauda

Habatausauda memang telah dikenal meyembuhkan beragam penyakit. Jika anda sedang mengalami diare, bisa juga menggunakan habataussauda sebagai obat. Caranya ,tambahkan satu sendok teh minyak habatussauda ke dalam secangkir yogurt. Konsumsi 2 kali sehari sampai kondisi tubuh kembali sehat.

7. Daun jambu

Telah banyak diketahui daun jambu biji yang memiliki rasa sepat ini dapat menjadi obat untuk penyakit diare. Zat flavonoid lah yang bertugas mengurangi intensitas BAB dengan memadatkan feses. Untuk membuat ramuan herbal dari rebusan daun jambu biji, caranya:

  • Masukkan 15 lembar daun jambu biji ke dalam setengah liter air.
  • Tambahkan satu sendok teh garam dan rebus sampai hanya tersisa ¼ liter air.
  • Saring airnya dan tunggu sampai dingin.
  • Minum 3 kali sehari.

8. Megkonsumsi salak

Mengatasi sembelit bisa dengan mengkonsumsi buah salak. Akan lebih bagus jika salak yang dikonsumsi berasa sepat.

9. Sawo muda

Buah sawo yang masih muda juga merupakan obat ampuh untuk mengobati diare. Buah sawo yang manis ketika matang ini sebaliknya akan terasa sepat saat belum masa panen. Kalau anda ingin mencoba membuat obat diare dari sawo muda, inilah caranya:

  • Siapkan satu buah sawo muda, lalu tumbuk sampai halus.
  • Tambahkan dengan garam.
  • Kemudian tuang dengan air putih, aduk rata.
  • Secangkir ramuan sawo muda siap diminum.

10. Kulit manggis

Saat ini tengah banyak dibicarakan bahwa kulit manggis bisa digunakan untuk berbagai macam pengobatan. Ketika anda sedang menderita diare, bisa lho coba mengobati sakit dengan kulit buah dari queen fruit ini. Caranya ambil kulit dari dua buah manggis dan masukkan ke panci, tambahkan dengan 3 gelas air. Rebus sampai hanya menyisakan 1½ gelas air. Saring airnya dan tunggu hingga agak dingin, lalu tambahkan madu. Minum ramuan ini untuk mempercepat sembuh dari diare.

11. Daun sirih

Daun sirih dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan diare karena tanaman ini dikenal sebagai antibiotik. Bila ingin membuat ramuan dari daun sirih, caranya:

  • Siapkan 6 lembar daun sirih, 1 sdm minyak kelapa, dan 6 butir lada.
  • Haluskan ketiga bahan tersebut.
  • Usapkan pada perut, ramuan tersebut berguna mengurangi rasa sakit di perut akibat diare.

12. Sop wortel

Sop wortel bisa menjadi makanan sehat yang bagus dikonsumsi ketika mengalami diare. Nutrisi penting yang ada pada sayuran wortel akan meempercepat kesembuhan dan memberikan tenaga yang cukup selama diare.

Demikianlah cara mengatasi diare yang bisa Anda praktekkan di rumah, namun jika masih berlanjut hingga 2-3 hari segera konsultasikan ke dokter. Semoga cepat sembuh ya.


Pencarian:
  • obat diare manjur
  • obat mencret alami
  • https://karyasehat com/cara-mengatasi-diare/
  • cara mengobati diare
  • cara mengatasi diare
  • cara menyembuhkan diare
  • obat alami diare
  • cara mengatasi diare dirumah
  • cara mengobati mencret
  • cara menyembuhkan mencret
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.