Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

15 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Yang Ampuh Dan 100% Alami

Rasa mual yang terjadi pada wanita yang sedang hamil memang sangat normal terjadi, yang biasanya disebut sebagai morning sickness. Rasa mual ini biasanya muncul pada awal-awal kehamilan pertama, yang salah satu gejala awalanya adalah rasa mual hingga ingin muntah setiap paginya.

Morning sickness ini terjadi akibat produksi human chorionic gonadotrophin hormone (hCG) yang hanya di produksi pada saat hamil saja. Tubuh yang belum pernah terpapar hormone ini menjadi kaget, dan menyebabkan si ibu hamil merasa mual. Adanya peningkatan hormone progesterone dan estrogen pada saat hamil menyebabkan otot uterine untuk rileks, tapi juga membuat asam pada perut menaik drastis.

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Dengan Mudah Tanpa Obat

Biasanya, morning sickness atau rasa mual ini dimulai pada minggu ke-4 masa kehamilan. Sebelumnya, kadar hCG dalam tubuh biasanya terlalu rendah untuk terlihat pada tubuh. Namun setelah 72 jam kadar hCG ini akan meningkat berkali-kali lipat hingga 12 minggu pertama. Kira-kira, bagaimana cara mengatasi mual saat hamil? Berikut penjelasannya.

1. Jahe

Jahe adalah hal pertama yang bisa kamu gunakan untuk meringankan rasa mual pada masa kehamilan, apapun bentuknya. Bisa jahe mentah, minuman jahe, atau bahkan biscuit jahe yang bisa berbentuk bermacam-macam.

2. Peppermint

Permen dengan rasa peppermint sangat berguna untuk meringankan rasa mual pada masa kehamilan. Peppermint akan memberikan rasa segar pada mulut, tenggorokan, dan perut hingga rasa mual dan keinginan untuk muntah dapat dihilangkan. Selalu sediakan permen peppermint untuk mencegah rasa mual.

3. Lemon

Lemon memiliki wangi dan rasa yang unik, yang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa mual. Biasanya, lemon ini dibuat menjadi jus langsung atau dicampurkan dengan beberapa bahan lainnya seperti minyak olive oil untuk mendapatkan efek yang lebih baik.

4. Biskuit

Tepung dalam bentuk yang sudah di olah menjadi biskuit bisa meringankan gejala mual-mual dengan cepat. Para orang tua dahulu memang sering menyimpan biskuit di tas atau di meja tempat tidurnya, agar siap bila mual datang menyerang.

5. Teh Herbal

Cara alami untuk menghilangkan mual-mual pada saat hamil adalah dengan meminum teh herbal. Teh yang dibuat dari bahan herbal seperti lemon, jahe, mint, memiliki efek yang sama apabila dikonsumsi secara langsung. Anda juga bisa mengkonsumsi biskuit jahe dan teh lemon sekaligus agar rasa mual lebih cepat mereda.

6. Keripik Kentang

Seperti biskuit, snack ringan yang mengandung zat tepung seperti keripik kentang ini akan membantu anda mengatasi rasa mual yang datang. Namun perlu di ingat, mengkonsumsi keripik kentang terlalu banyak pun tidak baik, mengingat banyaknya kandungan garam.

7. Es Krim

Rasa dingin dan manis dari es krim dapat dengan cepat mengatasi rasa mual dengan cara membuat perut anda terhidrasi. Efek ini akan lebih terasa jika es krim dibarengi dengan potongan buah asli yang membuat perut dan lambung terasa dingin.

8. Minum Air

Rasa m

ual biasanya datang karena kurangnya cairan pada tubuh, terutama di lambung dan perut. Maka dari itu, selalu sediakan satu-dua gelas air di dekat anda agar cairan tubuh selalu cukup.

9. Kacang-Kacangan

Seringkali rasa mual pada saat hamil ini di karenakan perut yang tidak terisi, dan kekurangan protein. Kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang mete yang memiliki kandungan protein tinggi bisa memberikan anda asupan energi sekaligus menghilangkan mual.

10. Pisang

Pisang merupakan buah dengan banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Kandungan padat pada pisang juga membuat perut cepat kenyang. Selain itu, pisang juga bisa membantu menghilangkan gas dalam perut yang biasanya menjadi penyebab mual-mual.

11. Esensial Oil

Kalau anda belum pernah mencoba esensial oil, berarti anda harus mencobanya sekarang juga. Esensial oil ini memiliki banyak sekali manfaat, yang salah satunya adalah menghilangkan mual bagi ibu hamil. Esensial oil yang biasa di pakai oleh ibu hamil biasanya memiliki wangi peppermint, lemon, dan jeruk. Wangi ini dapat dengan cepat menghilangkan rasa mual, dan juga tahan lama.

12. Sering Makan Dengan Porsi Kecil

Perut yang kosong pada ibu hamil pasti akan membuat gejala mual-mual langsung muncul. Berdasarkan saran-saran dari dokter, anda harus sering makan makanan berat namun dengan porsi kecil. Pola makan seperti ini akan membuat tubuh anda selalu seimbang setiap harinya.

13. Jangan Makan Pedas

Makanan pedas dapat dengan mudah meningkatkan kadar gas dalam perut, yang mengakibatkan gejala mual-mual muncul dengan instan. Karena itu, hindari makanan-makanan yang pedas dan tajam pada perut.

14. Hindari Stres

Jika kita stres atau memiliki banyak pikiran, tubuh akan bekerja dengan tidak normal. Salah satu dampak yang bisa ditimbulkan adalah badan cepat lelah, tidak bertenaga dan rasa mual hingga ingin muntah. Tenangkan pikiran, dan lakukan hal-hal yang membuat anda bahagia. Apalagi untuk ibu hamil, mengingat apapun kegiatan yang dilakukan akan berdampak pada bayi.

15. Tidur

Seringkali tidur merupakan salah satu cara menghilangkan mual yang paling ampuh. Menjadi ibu hamil memang tidak mudah, tenaga dan emosi akan banyak terkuras. Oleh karena itulah, cukupi kebutuhan tidur anda sebelum badan ‘ambruk’ yang bisa berdampak berbahaya pada bayi di kandungan.

Demikian beberapa cara mengatasi mual saat hamil yang mudah tanpa menggunakan obat-obatan. Rasa mual memang akan selalu datang, dan anda tetap harus melihat apakah mual ini masih dalam kategori normal atau tidak. Jika rasa mual dibarengi dengan perubahan pada tubuh yang parah, segera hubungi dokter.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.