Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

10 Cara Menghilangkan Bau Keringat Dengan Cepat, Aman dan Alami

 

cara menghilangkan bau keringat

Harus diakui bahwa bau badan atau bau keringat merupakan aroma tidak sedap yang sering membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Apabila dilihat dari dunia medis, bau badan disebabkan karena adanya bakteri pada lapisan pori yang tertutup oleh keringat. Walaupun jumlahnya hanya sedikit, yakni sekitar 1% saja, namun bakteri tersebut tetap saja bisa memecah protein, kemudian mengubahnya menjadi asam yang bisa membuat bau badan menjadi kurang sedap.

Meski bau badan tidak tergolong pada masalah yang serius, namun jika dibiarkan terus menerus bisa membuat rasa percaya diri menjadi berkurang, terlebih lagi jika kita sedang berkeringat. Malahan ada juga orang yang merasa stres karena bau badan. Namun perlu diketahui juga bahwa tekanan emosi bisa menyebabkan produksi keringat menjadi berlebih, kemudian memunculkan banyak keringat dan bakteri yang ada pada tubuh.

Cara Menghilangkan Bau Keringat Secara Alami

Agar Anda bisa terbebas dari masalah bau badan atau bau keringat seperti ini, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasinya. Berikut ini merupakan beberapa cara menghilangkan bau keringat secara alami yang bisa dilakukan.

1. Mandi sebanyak 2 kali dalam sehari

cara menghilangkan bau keringat dengan mandi

Mandi sebenarnya merupakan hal lumrah yang wajib dilakukan. Namun jika Anda jarang mandi karena malas atau alasan apapun, bisa jadi hal ini lah yang menjadi penyebab bau badan. Tubuh kita setiap hari akan mengeluarkan keringat melalui pori-pori. Keringat ini lah yang bisa membuat bakteri menjadi mudah menempel dan bersarang di dalam tubuh.

Apabila tidak dibersihkan secara rutin, maka bakteri tersebut bisa memicu bau badan. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa mandi untuk menghilangkan bau badan maupun bakteri di dalam tubuh ialah sebanyak 2 kali dalam sehari. Namun lebih baik lagi apabila Anda mandi dengan memakai sabun yang telah diperkaya dengan kandungan antibakterial di dalamnya.

2. Memakai antiperspirant atau deodorant

Dapat dikatakan bahwa antiperspirant atau deodorant merupakan sebuah produk andalan untuk menghilangkan bau badan saat ini. Sekilas dua produk ini memang terlihat sama, namun sebenarnya fungsinya berbeda. Banyak konsumen yang belum memahami perbedaan keduanya.

Deodorant berfungsi untuk mencegah bau badan, namun tidak mampu mengurangi keluarnya keringat dari dalam tubuh. Sedangkan antiperspirant bisa dipakai untuk mengurangi keringat yang keluar. Namun sayangnya antiperspirant terkadang malah membuat kulit menjadi iritasi, biang keringat, maupun mengalami peradangan.

3. Menggunakan daun sirih

cara menghilangkan bau keringat menggunakan daun sirih

Selama ini mungkin Anda lebih sering mendengar bahwa daun sirih baik untuk merawat daerah organ kewanitaan. Padahal daun sirih juga memiliki manfaat lainnya, salah satunya ialah menghilangkan bau keringat. Kandungan antibakterial dan antiseptik di dalam daun ini bisa dipakai untuk mengatasi bau badan. Caranya mudah, pertama petik beberapa daun sirih yang masi segar.

Kemudian tumbuk daun sirih hingga halus, lalu oleskan pada seluruh bagian tubuh. Sebaiknya usahakan bagian ketiak diberi gosokan lembut kurang lebih selama 5 menit. Diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas dengan memakai air hangat. Selain dipakai untuk tubuh bagian luar, Anda juga bisa menghilangkan bau badan dari dalam tubuh dengan cara merebus daun sirih, kemudian mengonsumsi air rebusan tersebut secara rutin.

4. Menghindari makanan-makanan penyebab bau badan

Makanan juga menjadi salah satu faktor penyebab bau badan. Sebaiknya hindari makanan yang bisa menjadi penyebab dari bau badan, seperti daging merah, rempah-rempah, kafein, alkohol, makanan cepat saji alias junkfood, hingga tembakau.

5. Mengonsumsi buah-buahan dalam jumlah banyak

Buah-buahan yang segar termasuk ke dalam makanan yang mudah dicerna di dalam tubuh. Sehingga buah bisa membuat usus menjadi lebih sehat, bahkan keringat menjadi tidak bau. Anda bisa mengonsumsi beberapa buah yang bisa menghilangkan bau keringat dengan alami, seperti jeruk, apel, jambu biji, pepaya, dan masih banyak lainnya.

6. Mengonsumsi daun kemangi

cara menghilangkan bau keringat dengan mengkonsumsi kemangi

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan daun yang satu ini. Selama ini kemangi sering dipakai sebagai lalapan dalam pecel, ayam bakar, dan berbagai makanan lainnya. Aroma khas dari daun kemangi ini berguna untuk menghilangkan bau badan dan bau mulut.

Kandungan mineral dan antibakterial di dalamnya memang terbukti ampuh untuk mengatasi masalah bau badan. Anda bisa mengonsumsi dan kemangi secara rutin. Namun jika kurang menyukai rasanya, Anda bisa menjadikan kemangi sebagai lalapan.

7. Ganti pakaian secara rutin

Selain harus mandi sebanyak dua kali sehari, Anda juga harus rutin mengganti pakaian. Keringat yang menempel pada pakaian bisa menjadi sarang bakteri penyebab dari bau badan. Apalagi jika Anda mengeluarkan keringat yang banyak hingga membuat baju menjadi basah.

8. Perbanyak olahraga

cara menghilangkan bau keringat dengan berolaraga

Memang benar apabila olahraga bisa membuat keringat menjadi keluar banyak, namun keringat tersebut sebenarnya berguna untuk membuang bakteri dan kuman pada bagian pori. Anda bisa melakukan jogging atau bersepeda santai setiap pagi dengan rutin. Tidak perlu lama, cukup 30 menit saja sehari selama 1 minggu, dijamin bau badan bisa berkurang.

9. Menghindari stres

Stres memang bisa memicu keluarnya keringat yang berlebih pada tubuh. Ada kelenjar apokrin yang bisa menyebabkan bau badan. Apalagi jika Anda sedang merasa cemas maupun marah secara terus menerus, maka kelenjar apokrin pun terpacu untuk keluar.

Oleh karena itu, hindari stres sebisa mungkin. Kemudian lakukan manajemen terhadap stres yang sedang Anda alami tersebut, misalnya saja dengan melakukan meditasi kurang lebih selama 15 menit setiap hari atau melakukan yoga secara rutin.

10. Berkonsultasi pada dokter

Apabila seluruh cara di atas sudah Anda lakukan, namun hasilnya tetap sama saja, lebih baik Anda segera mengkonsultasikan keadaan ini pada dokter. Ada beberapa penyebab yang mungkin saja menyebabkan hal ini, seperti hiper-reaksi dari kelenjar tiroid yang bisa menyebabkan Anda mengeluarkan keringat secara berlebihan.

Selain itu, Anda juga mungkin telah  didiagnosis dengan kelainan bromhidrosis, yakni sebuah kondisi di mana seseorang memiliki bau badan yang menyengat. Dengan berkonsultasi pada dokter, maka Anda akan diberikan beberapa ramuan anti perspirant dengan level tertentu dalam mengatasi bau badan.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan bau keringat atau bau badan secara alami yang bisa dicoba. Anda juga bisa menggunakan beberapa tanaman alami untuk menghilangkan bau badan, seperti tanaman Witch Hazel dan Sage. Lakukan cara-cara di atas dengan benar dan rutin, maka Anda pun bisa terbebas dari bau badan yang tidak sedap. Selamat mencoba!


Pencarian:
  • cara menghilangkan bau keringat
  • memghilangkan bau keringat
  • cara menghilangkan bau air keringat
  • cara menghilangkan bau keringat deker
  • cara menghilangkan bau keringat secara alami
  • Cara rutin untuk menghipangkan bau badan
  • daun kemangi untuk keringat
  • rempah untuk bau keringat
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.