Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

10 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Yang Ampuh dan 100% Alami

Bekas jerawat pastinya membuat sang empunya menjadi tidak percaya diri dan merasa tidak nyaman. Terdapat tiga jenis bekas jerawat yaitu bekas jerawat noda hitam yang termasuk ringan, bekas jerawat hipertrofik yang berupa benjolan, dan bekas jerawat atrofi yang biasa dikenal dengan bopeng. Kali ini kita akan fokus pada bekas jerawat bopeng dan cara menghilangkannya.

Bekas jerawat bopeng bisa timbul karena salah menggunakan make up, suka memencet jerawat, rendahnya kadar kolagen di kulit, kurang menjaga kebersihan wajah, dan bisa juga karena faktor keturunan. Untuk itu hindari hal tersebut agar tidak timbul bekas jerawat bopeng di wajah. Namun bagi yang telah mengalami bopeng di wajah, berikut ini terdapat beberapa cara untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami dan cepat.

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Alami

Mengatasi bopeng bekas jerawat bisa dilakukan menggunakan bahan alami antara lain dengan apricot, minyak zaitun, lemon, lidah buaya, tomat, dan madu. Sedangkan cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan cepat bisa menggunakan terapi laser, perawatan tropikal, mikrodermabrasi, dan chemical peeling.
Penyembuhan bopeng secara alami banyak dicari karena mereka ingin cara yang aman, tidak berdampak buruk, dan tidak mengeluarkan biaya besar. Untuk itu berikut penjelasan bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat.

1. Apricot dan Minyak Zaitun

Kulit akan memperbarui diri dalam waktu 25-30 hari dan akan semakin lama seiring berjalannya waktu. Pengelupasan kulit mati akan membantu menghaluskan wajah dan mengurangi bekas jerawat. Scrub alami yang bisa digunakan adalah buah aprikot. Cara menggunakannya yaitu dengan menghaluskan daging buah aprikot dan dicampur dengan minyak zaitun. Kemudian bersihkan wajah lalu balurkan campuran aprikot dan minyak zaitun dengan gerakan melingkar perlahan. Setelah itu diamkan sejenak dan basuh wajah dengan air.

Buah aprikot selain menjadi scrub alami, bisa juga digunakan sebagai pencerah dan pemutih wajah. Namun jika susah mendapatkan buah aprikot, bisa juga dengan minyak zaitun yang dicampur gula. Caranya sama yaitu dengan mencampurkannya dan membalurkan di wajah. Kemudian wajah dipijat pelan dan didiamkan sejenak. Setelah selesai wajah baru dibasuh dengan air.

2. Lemon

Lemon mengandung banyak vitamin C yang dapat memperbaiki kerusakan jaringan kulit dan dapat pula mencerahkan kulit. Lemon juga dapat mengurangi rasa nyeri pada jerawat, mengurangi bintik hitam pada wajah, mengurangi garis halus dan keriput, serta membantu menghilangkan bopeng bekas jerawat.
Cara menggunakannya yaitu mencampurkan air perasan lemon dengan madu. Kemudian mengoleskan ke kulit wajah dan didiamkan sekitar 15 sampai 30 menit. Setelah itu, basuh wajah dengan air. Akan mendapatkan hasil yang optimal bila dilakukan secara rutin. Namun aplikasikan di malam hari karena jika di siang hari dan terkena paparan sinar matahari maka bisa menyebabkan kulit gelap karena terjadinya reaksi zat kimia dalam air lemon.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya dapat membantu menghilangkan bekas luka. Jadi bahan ini merupakan salah satu bahan yang tepat untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat. Caranya cukup dengan mengoleskan jel dalam lidah buaya dua kali sehari. Diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air dingin.

4. Tomat

Tomat mengandung banyak vitamin A yang bermanfaat dalam perbaikan dan peremajaan kulit. Sehingga bopeng bekas jerawat perlahan bisa hilang. Cara menggunakannya yaitu dengan menghaluskan tomat. Kemudian dioleskan ke area wajah yang terdapat bopeng. Biarkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

5. Madu

Madu memiliki banyak kegunaan bagi tubuh. Madu dapat melembabkan kulit, menghilangkan bintik-bintik hitam, meratakan warna kulit, mencerahkan wajah, menghilangkan bekas jerawat dan masih banyak lainnya. Cara pemanfaatan madu untuk wajah yaitu dengan membersihkan wajah lalu mengoleskan madu langsung ke seluruh wajah. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air. Perawatan ini sebaiknya dilakukan rutin seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

6. Produk Alami yang Dijual di Apotek

Jika tidak ingin repot-repot membuat ramuan dan masker, maka pilihan terbaik adalah dengan membeli obat alami yang dijual di apotek. Selain masih tergolong murah, obat alami yang dijual di apotek biasanya juga aman digunakan.

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Medis

Berikut terdapat beberapa cara bagi yang ingin menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan cepat.

7. Terapi Laser

Pengobatan bopeng separah apapun dengan menggunakan laser dijamin berhasil dengan cepat. Namun metode ini membutuhkan biaya yang lumayan banyak.

8. Perawatan Tropikal

Perawatan tropikal bertujuan untuk merangsang produksi kolagen. Bopeng bekas jerawat akan sembuh jika kadar kolagen tercukupi.

9. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi merupakan salah satu cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan cara pengikisan kulit secara halus di sekitar luka. Kulit yang keras dan mati dikikis. Pengikisan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan sel kulit baru yang lebih halus dan sehat.

10. Chemical Peeling

Chemical peeling memiliki tujuan yang sama dengan mikrodermabrasi yaitu untuk memperbaiki dan menghaluskan kulit yang terluka. Bedanya chemical peeling dilakukan dengan cara mengelupas kulit menggunakan bahan kimia.

Demikian tadi beberapa cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami dan cepat, semoga dapat bermanfaat.


Pencarian:
  • jerawat di ketiak
  • scrub kopi untuk bopeng
  • cara membuat masker untuk menghilangkan bopeng dan bintik hitam
  • cara ampuh menghilang bopeng pada wajah secara alami
  • Cara alamienghilanglan bopeng jerawat dan bekas jerawat yg cepat
  • cara alami untuk membuat scrub untuk menghilangkan bekas jerawat bopeng
  • Cara alami meratakn kulit wajah bopeng
  • cara alami meratakan warna kulit wajah menghilangkan bekas hitam jerawat
  • tips menghaluskan dan mencerahkan serta menghilangkan bopeng
  • bahan alami yg ampuh menghilangkan bopeng bekas jerawat
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.