Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

8 Cara Mengobati Amandel Ampuh Dengan Bahan Alami Tradisional

Radang amandel atau yang sering disebut amandel saja merupakan peradangan pada tonsil atau amandel yang terletak di kedua sisi tenggorokan. Masalah ini banyak dialami oleh anak-anak. Tonsil atau amandel sebenarnya berfungsi untuk mencegah infeksi. Tugas tonsil ini perlahan akan tergantikan seiring dengan menguatnya sistem kekebalan tubuh. Kelenjar ini kemudian akan menyusut. Radang amandel dapat terjadi karena adanya infeksi virus atau infeksi bakteri. Hal ini menyebabkan terjadinya pembesaran amandel atau tonsil. Kondisi radang amandel dapat bervariasi mulai ringan, sedang hingga berat.

Penderita radang amandel dapat mengalami sakit tenggorokan, demam, pembengkakan kelenjar amandel, kesulitan menelan, sakit kepala, pilek, bau mulut, batuk dan bersin. Radang amandel termasuk penyakit yang mudah menular, sehingga sangat penting bagi penderita untuk mengobati masalah ini dengan segera. Bakteri atau virus yang menyebabkan radang amandel dapat ditularkan melalui batuk atau bersin.

Cara Mengobati Amandel Secara Alami

Radang amandel tidak hanya membuat penderita merasa tidak aman namun juga dapat menular bagi orang lain. Ada beberapa cara mengobati amandel yang bisa segera anda lakukan untuk mengatasi radang amandel:

1. Lemon

Lemon memiliki sifat antibakteri, anti-radang dan antivirus yang dapat menjaga tubuh dari infeksi. Kandungan vitamin C yang berlimpah dari lemon juga akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan infeksi. Sifat ini menjadikan lemon dapat digunakan untuk mengobati amandel. Peras satu buah lemon dan tambahkan dalam air hangat suam-suam kuku. Tambahkan juga satu sendok madu dan sedikit garam. Minum campuran ini dua kali sehari selama beberapa hari hingga radang amandel mereda.

2. Air garam

Obat yang paling umum sekaligus paling mudah dalam mengatasi radang amandel adalah dengan berkumur air garam. Anda bisa mencoba berkumur air garam hangat untuk mengatasi ketidaknyamanan radang amandek. Air hangat memberi efek menenangkan dan garam dapat membantu membasmi virus dan bakteri yang menyebabkan radang amandel. Garam juga akan mengurangi peradangan sehingga bisa meringankan masalah. Buat ramuan ini dengan mencampur satu sendok teh garam dalam secangkir air hangat. Berkumurlah dengan larutan ini dan jangan menelan larutan. Anda bisa mengulangi cara ini agar sembuh dengan cepat.

3. Propolis

Cara menghilangkan amandel dengan propolis. Propolis adalah zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu. Banyak produsen yang menyediakan zat ini dipasaran. Propolis dipercaya memiliki banyak khasiat salah satunya dalam mengatasi radang amandel. Produk propolis banyak tersedia dalam bentuk tetes dan beberapa diantaranya dalam bentuk semprot. Anda bisa menambahkan beberapa tetes propolis dalam sedikit air. Gunakan campuran ini untuk berkumur beberapa kali sehari. Propolis akan meringankan infeksi dan membantu mempercepat penyembuhan.

4. Jahe

Jahe memiliki manfaat beragam mulai dari menjaga kesehatan tubuh hingga mengatasi beberapa penyakit. Jahe dapat anda temukan dengan mudah sehingga pengobatan ini bisa anda lakukan tanpa mengalami banyak kesulitan. Parut dan peras air dari jahe. Campur satu sendok makan ekstra jahe tersebut dengan satu sendok makan madu dan dua sendok makan air hangat. Gunakan larutan ini untuk berkumur. Campuran ini akan meredakan gejala radang amandel.

5. Kunyit

Kunyit dapat mengobati infeksi yang mengakibatkan radang amandel. Sifat anti-inflamasi dan antiseptik dari kunyit juga bisa meredakan gejala yang diakibatkan masalah ini. Anda bisa menambahkan satu sendok teh bubuk kunyit dalam segelas air panas atau air garam. Gunakan larutan ini untuk berkumur beberapa kali sehari. Ini akan mengurangi peradangan dan rasa sakit. Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh bubuk kunyit dan sedikit lada hitam dalam segelas susu hangat. Larutan ini bisa anda minum di malam hari selama dua hingga tiga hari.

6. Kayu Manis

Kayu Manis memiliki aroma khas. Aroma ini banyak dimanfaatkan untuk menambah aroma pada berbagai macam makanan. Disamping dapat menambah selera makan, kayu manis dapat dimanfaatkan untuk mengobati radang amandel. Kayu manis mengandung anti-mikroba. Hal ini akan membantu menghambat pertumbuhan bakteri serta mikroorganisme sehingga mengurangi nyeri dan pembengkakan. Campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis dalam segelas air hangat. Tambahkan juga dua sendok madu ke dalamnya. Minum selagi hangat dan ulangi dua hingga tiga kali sehari selama satu minggu.

7. Buah bit

Buah bit, mentimun dan wortel memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi kesehatan. Kombinasi ketiga sayur ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengobati amandel. Campurkan jus buah bit, mentimun dan wortel dalam jumlah yang sama. Minum campuran ini setiap hari hingga infeksi hilang. Buah bit, mentimun dan wortel mengandung vitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membantu melawan infeksi.

8. Buah ara

Buah ara dikenal dapat mengobati radang amandel dengan cukup efektif. Buah ara memiliki kandungan lendir yang cukup tinggi sehingga bisa mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat radang amandel. Anda bisa merebus tiga buah ara kemudian menambahkan satu sendok makan madu. Campuran buah ara rebus dan madu bisa anda konsumsi dua hingga tiga kali sehari selama beberapa hari. Pilihan lain dengan membuat pasta dari rebusan buah ara. Oles pasta ini di bagian luar tenggorokan dan biarkan hingga kering. Bilas dengan air hangat dan ulangi cara ini jika perlu untuk menghilangkan rasa sakit.

Disamping melakukan beberapa cara mengobati amandel diatas, sangat penting untuk menjaga kebersihan. Hal ini perlu dilakukan agar penyakit tidak menular ke orang lain. Berkonsultasi dengan dokter juga perlu untuk dilakukan jika radang amandel sangat menganggu. Banyaklah beristirahat serta bicara sedikit mungkin. Jangan lupa untuk meminum banyak cairan untuk membantu pemulihan.


Pencarian:
  • air garam untuk ama
  • air garam untuk amandel anak
  • apakah bedak kunyit bisa mengempeskan amandel
  • apakah berkumur air garam dapat menyembuhkan amandel
  • kayu untuk mengobati amandel
  • mengobati amandel dengan kunyit
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.