Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

10 Cara Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus yang Bisa Dicoba

 

cara meningkatkan konsentrasi

Sukses merupakan impian dari semua orang. Namun tidak semua orang bisa meraih hal ini dengan mudah. Mengapa bisa demikian? Terkadang banyak orang yang kurang konsentrasi saat sedang mempelajari sesuatu maupun mengerjaan sebuah pekerjaan.

Padahal salah satu hal yang diperlukan agar bisa sukses ialah daya konsentrasi yang tinggi pada sedang mengerjakan atau mempelajari sesuatu. Apabila kita mempunyai konsentrasi yang tinggi pada suatu hal, maka secara otomatis fokus tersebut akan membuat kita bisa mengerjakan sesuatu dengan lebih baik dan cepat.

Cara Meningkatkan Konsentrasi Dan Fokus

Mungkin Anda akan bertanya, lalu bagaimana caranya agar bisa terus berkonsentrasi dan fokus? Berikut ini merupakan beberapa cara meningkatkan konsentrasi yang bisa kamu lakukan. cara meningkatkan konsentrasi  dan fokus berikut mungkin bermanfaat antara lain:

1. Melakukan aktivitas yang dapat memperlancar aliran oksigen pada otak

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan cara melakukan beragam aktivitas yang mampu memperlancar aliran oksigen ke dalam otak. Darah merupakan kendaraan utama oksigen yang ada di dalam tubuh. Sebaiknya Anda mencoba untuk melakukan beragam aktivitas yang dapat memperlancar aliran darah tersebut, sehingga konsentrasi pun bisa meningkat. Anda bisa melakukan beberapa aktivitas seperti merubah posisi duduk, berbaring, hingga berjalan sesaat. Apabila Anda harus bekerja dengan padat di kantor, Anda bisa melakukan gerakan-gerakan kecil di sana. Misalnya saja dengan melakukan senam atau peregangan pada anggota-anggota tubuh.

2. Menyediakan waktu untuk melamun

cara meningkatkan konsentrasi dengan menyediakan waktu untuk melamun

Mungkin Anda akan sedikit bingung, mengapa harus menyediakan waktu untuk melamun? Kebiasaan melamun memang bisa membuyarkan konsentrasi, sehingga jika dibiarkan bisa bahaya. Melamun dapat menghancurkan konsentrasi begitu saja, bahkan merubah mood untuk bekerja juga. Aktivitas yang satu ini juga cukup memakan banyak waktu, bahkan bisa menimbulkan rasa malas untuk menunda pekerjaan juga. Oleh karena itu, sebaiknya Anda meluangkan waktu khusus untuk melamun. Misalnya pada saat sebelum tidur, sehingga otak pun bisa mendapatkan waktu khusus untuk istirahat.

3. Mengerjakan sesuatu hingga selesai dan tuntas

Apabila Anda ingin menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan hasil yang sempurna, sebaiknya mulai sekarang biasakan untuk mengerjakan sesuatu hingga selesai dan tuntas, baru setelah itu beralih pada hal lainnya. Ingat, jangan terlalu sering melakukan multitasking karena hal ini bisa membuat konsentrasi Anda menjadi terbagi pada banyak hal. Apabila Anda membiasakan diri untuk fokus pada satu hal di hadapan, maka Anda bisa menghindari pengalih perhatian yang sering muncul, lalu Anda pun lebih mudah untuk berkonsentrasi. Hasil pekerjaan yang didapat pun bisa lebih optimal.

4. Mengerjakan sesuatu tidak di tempat tidur

cara meningkatkan konsentrasi dengan tidak melakukan aktivitas di tempat tidur

Apabila Anda sedang mengerjakan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi di rumah, sebaiknya hindari mengerjakan di tempat tidur. Kerjakan pekerjaan Anda di tempat yang memang sesuai. Jangan pernah membiasakan untuk belajar di tempat tidur karena akan ada banyak stimulus yang membuat konsentrasi menjadi terpecah. Coba cari meja dan kursi yang nyaman dan kondusif untuk melakukan pekerjaan yang serius. Selain itu, perhatikan juga penerangan dan sirkulasi udara yang ada di ruangan.

5. Membuat aktivitas menjadi sebuah rutinitas

Perlu diketahui bahwa jika Anda melakukan suatu aktivitas secara berulang-ulang, rutin, dan dalam jangka waktu yang lama, maka biasanya akurasi dalam belajar maupun bekerja pun akan menjadi lebih tinggi. Sehingga daya konsentrasi yang dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan juga tidak terlalu banyak. Akhirnya pekerjaan tersebut pun tidak akan terlalu melelahkan bagi otak.

6. Mengembangkan pola hidup sehat

Daya konsentrasi memang berkaitan erat dengan aliran darah ke otak. Apabila aliran darah ke otak semakin lancar, maka Anda juga bisa berkonsentrasi dengan lebih mudah. Agar aliran darah bisa lancar, Anda harus menerapkan pola hidup sehat yang seimbang. Beberapa pola hidup sehat yang dapat Anda terapkan antara lain tidur cukup, mengonsumsi makanan bergizi, hingga olahraga teratur. Pola hidup sehat seperti ini tentu akan berguna dalam jangka waktu yang panjang, bahkan hingga usia tua.

7. Mencari suasana baru dan liburan

Perlu diketahui bahwa daya konsentrasi dapat menurun apabila Anda mengerjakan berbagai macam hal dalam waktu yang lama dan berulang-ulang. Tak hanya itu saja, mungkin Anda juga bisa stress. Oleh karena itu, Anda perlu berlibur dan mencari suasana baru sesekali. Di mana Anda bisa beristirahat maupun melakukan hal-hal yang Anda suka. Setelah selesai berlibur, konsentrasi dan mood biasanya bisa membaik.

8. Istirahat setiap satu jam

Anda perlu memberikan otak untuk istirahat sebentar, paling tidak selama lima menit setiap 60 menit aktivitas yang memerlukan konsentrasi tinggi. Apabila otak Anda harus berkonsentrasi secara konsisten selama berjam-jam pada suatu waktu tanpa jeda, maka daya konsentrasi dan fokus pun bisa menurun secara drastis. Jangan pernah memforsir kerja otak secara berlebihan. Anda bisa beristirahat kurang lebih 3 sampai 5 menit setiap bekerja agar vitalitas otak bisa terjaga. Misalnya dengan cara makan camilan, berjalan-jalan keluar sebentar, melakukan olahraga kecil, mendengarkan musik, mengobrol dengan rekan kerja, dan masih banyak lainnya. Apabila Anda perlu bekerja atau belajar dalam durasi waktu yang lama, maka jangan ragu untuk mengambil waktu istirahat yang cukup lama untuk tidur.

9. Bersikap cuek sementara dengan lingkungan

cara meningkatkan konsentrasi dengan bersikap cuek ke lingkungan

Salah satu cara yang cukup ampuh untuk berkonsentrasi ialah dengan bersikap cuek terhadap lingkungan untuk sementara waktu. Anda harus bisa belajar untuk bisa mengabaikan hal-hal kecil yang bisa mengalihkan perhatian, misalnya saja langkah orang berjalan, pintu yang terbuka, suara musik di kejauhan, suara orang berbicara, dan masih banyak lainnya. Anda bisa bersikap cuek untuk hal-hal yang dirasa tidak penting. Jangan sampai hal-hal kecil tersebut bisa memecahkan konsentrasi dan fokus yang kita bangun dengan mudah.

10. Melakukan meditasi

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan ialah dengan bermeditasi.  Namun ingat, sebenarnya konsep utama dalam meditasi bukan mengosongkan pikiran, namun memusatkan pikiran terhadap satu hal tertentu. Apabila Anda dapat melakukan meditasi degan benar, terlebih lagi Anda bisa membuat hal ini menjadi kebiasaan, maka Anda bisa berkonsentrasi dengan lebih mudah. Selain berguna untuk meningkatkan konsentrasi, meditasi juga bisa membuat tubuh menjadi lebih tenang dan rileks.

Beberapa cara meningkatkan konsentrasi dan fokus di atas bisa Anda coba lakukan. Bagaimana, mudah bukan sebenarnya? Konsentrasi memang sangat berperan untuk mencapai kesuksesan. Anda harus tetap berlatih agar bisa selalu berkonsentrasi setiap waktu. Lakukan hal-hal di atas secara berulang hingga terbiasa. Selamat mencoba


Pencarian:
  • konsentrasi
  • Agar fokus
  • Cara melatih konse
  • cara melatih konsentrasi dan fokus
  • konsentrasi pikiran saat kerja di grosir
  • konsetrasi
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.