Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

11 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan, Diet dan Kecantikan Yang Harus Anda Tahu

 


Siapa yang tak kenal buah nanas? Buah ini memang banyak dijual di pasaran dan siapapun pasti pernah mencobanya. Kandungan air yang cukup banyak di dalam buah nanas membuat buah yang berwarna kuning ini sangat segar jika dikonsumsi di siang hari terutama ketika matahari sedang terik. Rasa asam dan manis yang terdapat didalamnya juga cocok jika dinikmati dengan cara dijus ataupun dimakan bersamaan dengan bumbu khas rujak. Selain dikonsumsi langsung ataupun dijus, buah nanas pun banyak diolah kembali dan menghasilkan beberapa produk seperti selai nanas, sirup, sari buah, manisan, buah kering, dan sebagainya.

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Seperti buah lainnya yang kaya akan kandungan bermanfaat, nanas pun memiliki kandungan yang cukup banyak mulai dari vitamin, mineral, enzim, hingga serat. Beberapa kandungan tersebut diantaranya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin B1 (thiamin), vitamin B12, vitamin E. Selain itu juga beta karoten, flavonoid, antioksidan, fosfor, kalium, kalsium, mangan, enzim bromelain, iodium, sulfur, dan masih banyak kandungan lainnya.

Banyaknya kandungan yang terdapat dalam buah nanas tersebut membuat buah ini menjadi kaya akan manfaat. Walaupun banyak orang yang menganggap buah ini tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil dengan alasan dapat menggugurkan kandungannya, namun buah nanas dapat mendatangkan banyak manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah nanas, diantaranya:

1. Memperkuat Imun dan Memperlambat Penuaan

Bagi Anda yang merasa sistem imun atau sistem kekebalan tubuhnya mulai menurun cobalah untuk mengkonsumsi nanas secara rutin. Di dalam buah nanas terdapat kandungan asam amino esensial dan non esensial yang dapat membantu memperkuat sistem imun di dalam tubuh seseorang sehingga dapat mengatasi rasa kelelahan serta meningkatkan stamina. Selain itu di dalam nanas juga terkandung zat valine dan leucine yang berguna untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot. Perlu Anda ketahui pula bahwa nanas juga mengandung cystine yang dapat membantu memperlambat proses penuaan dini.

2. Dapat ‘Membersihkan’ Tubuh

Tak hanya ruangan atau barang-barang saja yang harus dibersihkan. Tubuh kita juga seharusnya dibersihkan agar dapat menjalankan kembali fungsinya secara optimal. Untuk dapat membersihkan tubuh, Anda tak perlu pergi ke dokter untuk melakukan tindakan tertentu. Cukup konsumsi nanas secara rutin, karena dalam satu buah nanas terdapat enzim bromelain yang dapat membantu membersihkan tubuh serta mengimbangi kadar keasaman dalam darah. Selain itu kandungan aspartic acid yang cukup tinggi dalam buah nanas dapat berfungsi sebagai asam amino di dalam tubuh sehingga dapat membantu proses metabolisme dan membuang asam ammonia di dalam tubuh. Asam ammonia merupakan racun yang berbahaya bagi sistem syaraf pusat.

3. Membantu Proses Pencernaan dan Mempercepat Proses Penyembuhan

Selain berguna untuk membersihkan tubuh, kandungan enzim bromelain yang terdapat dalam buah nanas juga dapat membantu proses pencernaan dan melegakan tenggorokan. Enzim ini dapat mencerna protein di dalam makanan sehingga protein bisa lebih mudah diserap oleh tubuh. Di samping itu enzim ini juga dapat membantu proses penyembuhan luka dan mengurangi pembengkakan atau peradangan di dalam tubuh.

4. Membantu Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat selanjutnya dari buah nanas adalah dapat membantu mengangkat sel kulit mati karena kandungan enzim yang terdapat di dalamnya. Enzim ini dapat membuat jaringan yang terkena luka menjadi sehat kembali secara bertahap.

5. Dapat Mengobati Radang Tenggorokan

Apakah Anda termasuk yang sering mengalami radang tenggorokan? Mulai saat ini Anda tak perlu mengonsumsi obat lagi untuk meredakannya. Cukup konsumsi nanas maka radang tenggorokan pun secara perlahan akan sembuh. Caranya adalah dengan memeras kandungan air yang terdapat dalam buah nanas yang matang (bisa dengan cara dijus atau diparut), kemudian air perasan tersebut diminum sebanyak 3 kali sehari.

6. Dapat Menurunkan Berat Badan

Ada solusi alami bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Anda tak perlu mengonsumsi berbagai jenis obat pelangsing dan sebagai gantinya cukup konsumsi buah nanas. Untuk Anda yang sedang dalam program diet, buah nanas dinilai cukup baik untuk mendukung program Anda. Sediakan 1 buah nanas yang tidak terlalu matang, kupas, kemudian cuci hingga bersih. Sama seperti untuk obat radang tenggorokan, minumlah air perasan nanas ini tanpa campuran apapun. Minum sebanyak dua kali sehari.

7. Dapat Mencegah Hipertensi

Untuk pencegahan penyakit secara alami, buah memang memiliki peranan yang cukup penting. Nanas merupakan salah satu buah yang dinilai dapat mengurangi risiko seseorang untuk terkena penyakit hipertensi. Kandungan kalium yang tinggi dalam buah ini dapat membantu menjaga tekanan darah seseorang agar tetap dalam rentang normal.

8. Dapat Mencegah Asma

Salah satu kandungan yang dinilai dapat meminimalkan risiko perkembangan asma adalah beta karoten. Kandungan ini tentunya terdapat dalam buah nanas. Pada proses pencernaan, beta karoten ini diubah menjadi vitamin A.

9. Sebagai Anti Radang atau Anti Inflamasi

Lagi-lagi enzim bromelain memiliki peranan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya, enzim ini juga dapat bermanfaat untuk meredakan pembengkakan serta menurunkan demam.

10. Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes

Diabetes adalah suatu kondisi peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh. Seseorang dikatakan mengidap diabetes jika kadar gula darahnya berada di atas 200 mg/dl. Secara umum diabetes dikategorikan menjadi dua tipe yaitu diabetes tipe 1 (biasanya terjadi akibat faktor keturunan) dan diabetes tipe 2 (biasanya terjadi akibat faktor gaya hidup yang kurang sehat). Sejauh ini manfaat nanas untuk penderita diabetes dihubungkan dengan kadar gula darah yang rendah pada pengidap diabetes tipe 1. Sementara itu untuk diabetes tipe 2 nanas dinilai dapat memperbaiki kadar gula darah, memperbaiki kadar insulin, dan juga lemak darah.

11. Bermanfaat Bagi Penderita Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang bersifat akut ataupun kronis dan keberadaannya cukup membahayakan nyawa seseorang. Bagi Anda yang menderita penyakit jantung, cobalah untuk rutin mengonsumsi buah nanas ini. Kandungan kalium yang terdapat dalam buah nanas dapat menurunkan risiko kematian yang terjadi akibat penyakit jantung iskemik. Selain itu kandungan kalium juga dapat menurunkan beberapa risiko yang terjadi pada penderita penyakit jantung, seperti serangan stroke, terbentuknya batu ginjal, serta membantu melindungi kehilangan massa otot, dan membantu memelihara kekuatan tulang.

Itulah 11 manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh. Tingkatkan konsumsi buah-buahan agar tubuh Anda dapat terhindar dari segala ancaman penyakit secara alami. Di luar dari manfaat tersebut konsumsi buah-buahan secara teratur memang sangat dianjurkan untuk melengkapi gizi tubuh.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.