Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

Masker Jeruk Nipis Untuk Memutihkan dan Kecantikan Wajah

 

masker-jeruk-nipis

Jeruk nipis bukan hanya dapat membuat sebuah masakan menjadi lebih segar dan nikmat, namun berbagai kandungan di dalamnya sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Nutrisi yang dikandung dalam buah jeruk mungil dengan rasa asam ini kerap kali dijadikan masker untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah. Tak heran, jeruk nipis memang memiliki manfaat dan kebaikan yang melimpah, seperti diantaranya:

Manfaat Jeruk Nipis:

  • Mengurangi Jumlah Bakteri

Bakteri yang tumbuh di pori-pori kulit yang berminyak akan mampu berkembang biak dengan pesat, kemudian memenuhi pori-pori pada kulit wajah, yang kemudian dari luar terlihat mengalami titik pembengkakan bernama jerawat. Bakteri yang terperangkap dalam pori-pori membuat peradangan serta membuat jerawat memerah.

Salah satu manfaat jeruk nipis adalah mencegah bakteri penyebab jewarat tumbuh di pori-pori kulit, dengan menjaga keasaman pada kulit cukup tinggi sehingga menjadi kondisi yang tidak optimal bagi bakteri yang kebanyakan kurang suka dengan suasana asam. Beberapa jenis bakteri yang dapat dibasmi dengan menggunakan asam dari jeruk nipis antara lain E.Coli dan Staphylococcus aureus.

  • Mengecilkan Pori-pori Kulit

Semakin bertambahnya usia, membuat wanita semakin mengkhawatirkan pori-pori yang melebar dan membuat wajah kurang halus. Pori-pori yang membesar juga kerap membuat masalah seperti jerawat dan kotoran yang mudah masuk ke dalamnya.

Jeruk nipis mengandung zat astringen yang dapat mengecilkan pori-pori pada kulit dengan mengencangkan jaringan otot didalamnya. Oleh karena itulah banyak sekali produk kecantikan yang memanfaatkan jeruk nipis untuk menyehatkan kulit.

  • Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Satu lagi manfaat alami dari jeruk nipis , yaitu kekuatan asamnya yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Asam yang dikandung jeruk nipis berupa asam sitrat memang dapat menjadikan kulit lebih cerah dan bebas sel-sel kulit mati. Dengan terangkatnya kulit mati pada wajah, maka wajah akan semakin lebih lembut dan terasa kencang. Mengelupas kulit mati juga cukup penting, agar sel kulit mati tidak menyebabkan penyumbatan pada pori-pori dan menyebabkan berbagai macam masalah kulit.

  • Menutrisi Dari Dalam Kulit

Saat tubuh manusia mengolah nutrisi yang masuk, terjadi proses oksidasi yang dapat menyebabkan timbulnya radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas dapat bereaksi di dalam jaringan kulit menyebabkan degradasi sel yang kemudian dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini karena kerusakan jaringan kulit.

  • Jeruk nipis adalah salah satu bahan alami yang dapat mencegah masalah ini terjadi, karena di dalamnya terkandung antioksidan berupa vitamin A dan C yang cukup tinggi. Dalam 100 gram jeruk nipis, terkandung sekitar 29,1 mg vitamin C dan 50 IU vitamin A, yang dapat membantu mengurangi serangan radikal bebas pada kulit.

Cara Membuat Masker Jeruk Nipis

Walaupun sebetulnya perasan jeruk nipis sendiri sudah cukup baik, namun jika ditambahkan bahan tambahan lainnya maka nutrisi kulit akan semakin terpenuhi. Berikut merupakan beberapa alternatif cara untuk membuat masker jeruk nipis:

1. Jeruk Nipis + Gula + Madu

masker jeruk nipis dengan madu

Penambahan gula dan madu cukup umum digunakan dalam pembuatan masker jeruk nipis. Gula dapat berfungsi sebagai humektan, yang dapat menjaga kelembaban kulit dari cuaca yang tak menentu.

Selain itu, gula juga mengandung asam glikolat, yang dapat mengondisikan kulit untuk lebih terjaga dari berbagai racun. Gula pasir juga dapat bertindak sebagai exfoliant, agen pengelupas sel-sel kulit mati yang membuat kulit lebih segar.

Selain itu, madu tidak kalah pentingnya bagi kesehatan kulit. Zat antibakteri dan antimikroba yang dikandung madu sangat baik untuk memerangi jerawat. Madu juga memiliki efek antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Kekentalan madu mampu menyerap berbagai zat pengotor yang mencoba memasuki kulit wajah.

Caranya:

  • Siapkan satu sdm gula, seperempat sdt perasan jeruk nipis, dan 1 sdt madu.
  • Campurkan semua bahan di dalam satu wadah.
  • Aplikasikan masker tersebut ke seluruh permukaan wajah
  • Pijat-pijat wajah dengan jari melingkar selama kurang lebih 15 menit hingga wajah terasa lebih bersih.
  • Bersihkan wajah dengan air hangat dan keringkan dengan menggunakan handuk yang bersih. Lakukan sebanyak paling tidak 1 kali dalam seminggu.
  • Beberapa jenis kulit sangat sensitif, sehingga cobalah aplikasikan sedikit terlebih dahulu masker ini sebelum mengaplikasikannya ke seluruh wajah.

2. Lemon + Teh Hijau + Bubuk Kunyit

Teh hijau sangat kaya akan antioksidan dan berbagai zat fitokimia yang dapat menjauhkan kerutan dari wajah. Antioksidan yang cukup tinggi terkandung di dalamnya juga dapat menutrisi kulit dengan berbagai vitamin dan mineral. Selain itu, teh hijau juga diklaim mengandung zat anti kanker yang mampu memproteksi kulit dari sel-sel kanker.

Sementara itu, bubuk kunyit mengandung zat anti peradangan serta antioksidan yang akan menyembuhkan berbagai penyakit kulit termasuk jerawat. Penambahan bubuk kunyit juga mampu mencerahkan lingkaran hitam di sekitar mata, bekas jerawat, serta warna kulit yang kurang merata.

Caranya:

  • Siapkan 2 sdt teh hijau, sejumput bubuk kunyit, dan setengan sdt perasan lemon.
  • Campurkan keseluruhan bahan hingga merata.
  • Aplikasikan pada kulit menggunakan bantuan kapas.
  • Biarkan hingga mengering selama 3 menit.
  • Saat sudah mengering, waktunya tambahkan lapisan masker.
  • Kemudian diamkan lagi hingga lapisan teratas mengering.
  • Lakukan pelapisan hingga seluruh campuran habis terpakai.
  • Diamkan hasil akhir hingga 10 menit.
  • Setelah selesai, bilas dengan air dingin dan keringkan wajah.

3. Jeruk Nipis + Putih Telur

masker jeruk nipis deng jeruk nipis fan putih telur

Jika kulitmu termasuk jenis yang berminyak dan berjerawat, maka pilihan masker jeruk nipis yang digabungkan dengan putih telur adalah alternatif yang pas.

Putih telur telah sejak lama dikenal sebagai agen pengencang kulit yang mengurangi minyak di dalam jaringan kulit, serta menjaga keseimbangan pH yang menjaga agar asam pada jeruk nipis tidak terlalu melukai jerawat.

Caranya:

  • Pisahkan bagian kuning dan putih dari satu butir telur.
  • Campurkan dengan setengah atau satu sdt perasan jeruk nipis (tergantung kebutuhan kulit).
  • Pijat wajah dengan campuran ini.
  • Diamkan selama 10-15 menit hingga mengering.
  • Bilas dengan air hangat dan lakukan secara rutin 3 hari sekali.

Demikianlah berbagai manfaat jeruk nipis dan cara membuat masker jeruk nipis dengan menambahkan bahan-bahan alami yang bisa didapatkan dengan mudah di rumah. Selamat mencoba!

 

 

 


Pencarian:
  • cara mengelupaskan kulit dengan jeruk nipis
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.