Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

7 Penyebab dan 6 Cara Mengobati Gusi Berdarah Secara Alami

 

penyebab dan cara mengobati gusti berdarah

Gusi berdarah merupakan tanda yang sering dianggap sebagai hal biasa, hal dimana biasa terjadi ketika kita melakukan gosok gigi terlalu keras sehingga gusi mengalami trauma dan berdarah.

Namun pada keadaan normal tidak segampang seperti kelihatan dalam hal membuat gusi berdarah karena salah satu bagian dari tubuh yang mempunyai kandungan kalsium dan protektor tinggi selain dari tulang dan gisi adalah gusi, sehingga bisa gusi berdarah merupakan tanda yang harus kita khawatirkan.

Artikel kali ini akan mengulas beberapa penyakit yang dapat menyebabkan gusi berdarah. Selain itu, ada beberapa penyakit yang menempatkan gusi berdarah sebagai tanda khas dalam menegakkan penyakit tersebut.

Penyebab Gusi Berdarah

1. Infeksi bakteri, jamur atau virus.

Pada kelainan ini jamur dan virus melekat pada lapisan terluar dari gusi, dan dengan pasti akan melakukan pergeseran ke lapisan terbawah, sehingga mendapatkan peredaran darah (peredaran darah sangat diperlukan bagi pertumbuhan setiap mikro organism untuk bertahan hidup) dalam hal ini yang ketika kita ganggu sedikit saja perlukaan yang diakibatkan oleh jamur dan virus akan lebih mudah berdarah.

2. Perubahan hormon selama kehamilan

Perubahan hormon sangat berpengaruh dalam berbagai sistem terutama dalam organ yang memiliki protektor tersendiri seperti gigi, lambung dan gusi. Perubahan hormon berpengaruh pada growth hormone dimana fungsi hormon ini adalah meregenerasi secara terus menerus sel protektor pada beberapa organ sehingga bila terjadi gangguan dan terkena trauma sedikit saja akan menyebabkan perdarahan.

3. Idiopathic thrombocytopenic purpura (ITP).

ITP merupakan penyakit kelainan darah dimana sel darah yaitu trombosit mengalamai penurunan secara drastis tanpa diketahui penyebabnya. Dengan berkurangnya trombosit dua kali lipat dari nilai normal, pada saat mengalami trauma sedikit saja akan mengeluarkan perdarahan yang masif sehingga dibutuhkan perawatan dan penanganan khusus bagi pasien seperti ini.

Pasien seperti ini mempunyai ciri khas yaitu adanya lebam yang tidak dapat hilang, gusi gampang berdarah, dan bab berwarna hitam. Pada kasus seperti ini dan sudah menimbulkan gejala merupakan pasien dalam kategori emergensi.

4. Leukemia

Merupakan kanker darah dimana leukosit bertumbuh cepat dan begitu saja tanpa diketahui penyebabnya. Dengan meningkatnya leukosit dalam darah maka yang terjadi adalah sel darah putih atau leukosit kehilangan kendali sehingga banyak sel darah yang menjadi sasaran dari sel darah putih dan akhirnya dihancurkan.

Dalam kasus gusi berdarah hampir sama dengan ITP, yang terjadi adalah trombosit dengan cepat dirusak oleh sel darah putih. Akibatnya,ketika terjadi trauma yang sedikit pada gusi akan menyebabkan perdarahan.

5. Penggunaan pengencer darah

Kalau kondisi seperti ini memang sudah dipastikan untuk terjadi perdarahan sebab kita dengan secara sadar memasukkan pengencer darah ke dalam tubuh. Biasanya kondisi seperti ini terjadi pada penyakit yang disebut dengan polisitemia vera dimana darah menjadi lebih kental dan menggumpal di dalam tubuh.

Pada penyakit tersebut yang harus diperhatikan selama pengobatan adalah gesekan-gesekan pada tubuh. Maka dari itu ketika pasien dalam kondisi pengobatan pasien biasanya tidak dianjutkan untuk menggosok mulut melainkan hanya kumur-kumur dengan larutan antiseptic

6. Kekurangan faktor pembekuan darah

penyebab dan cara mengobati gusti berdarah faktor pembekuan

Dalam tubuh kita terdapat 12 faktor yang dapat membekukan darah, namun pada kondisi tertentu faktor tersebut tidak diproduksi sehingga tubuh sangat rentan perdarahan. Ketidak mampuan tubuh dalam membentuk hal tersebut dinamakan dengan penyakit hemofilia (dimana tubuh tidak memproduksi faktor delapan) dan ada juga penyakit yang disebut dengan Von Willebrand (dimana selain ketidak mampuan membentuk faktor pembekuan darah, tubuh juga mempunyai kekurangan di bagian pembuluh darah lebih rentan pecah).

Kedua penyakit ini harus sangat berhati-hati dalam menjaga diri. Hal ini dikarenakan sedikit saja tubuh terkena trauma terutama pada gusi, dapat menyebabkan kematian akibat perdarahan hebat yang terjadi.

7. Demam beradarah

penyebab dan cara mengobati gusti berdarah dengan gigitan nyamuk

Pada penyakit ini gusi berdarah merupakan tanda penting yang harus kita pantau sebab dari keadaan ini pasien akan menjadi lebih cepat syok. Hal ini terjadi karena pada demam berdarah trombosit akan rusak akibat virus yang ditularkan dari nyamuk sehingga pada keadaan demam yang terjadi akibat infeksi akan menyebabkan gusi dan hidung pada pasien ini berdarah secara spontan.

Namun kondisi di atas tergolong ke dalam penyakit yang memperparah dari perdarahaan gusi. Sekarang yang akan kita bahas adalah bagaimana mencegah gusi yang normal agar tidak menjadi lebih cepat rusak dan terjadi perdarahan.

Cara Mengobati Gusti Berdarah

1. Hindari merokok|

Salah satu fakto yang dapat menyebabkan gusi berdarah adalah merokok, dimana nikotin yang terdapat pada rokok bersifat korosif terhadap gusi terutama pada sel protektor sehingga sel ini tidak mampu memproduksi lapisan yang membantu melindungi gusi. Kondisi gusi yang rusak dan lapisan pelindung tidak lagi diproduksi akan memperberat keadaan pasien, dimana gusi pasien akan menjadi lebih cepat berdarah ketika sedikit saja terkena trauma.

2. Kontrol perdarahan gusi

Kita dapat mengontrol perdarahan gusi dengan cara menempatkan es di gusi secara langusung dan diberik tekanan lokal. Hal ini dapat menghentikan perdarahan dikarenakan suhu dingin dari es akan memberikan efek vasokontriksi dimana pembuluh darah akan mengalami penciutan sehingga perdarahan akan terkontrol.

3. Cukupi kebutuhan vitamin

Ketika anda sudah didiagnosa dengan berbagai macam penyakit penyulit, secara sederhana adalah demam berdarah. Maka anda harus dengan teratur memakan vitamin K selama perawatan di rumah sakit, dan untuk kelanjutan vitamin C dapat menjadi pilihan dalam membantu pembentukkan faktor pembekuan darah.

4. Batasi asupan gula

Gula yang berlebihan akan membuat sel protektor terutama pada bagian mulut yaitu gigi dan gusi akan melambat dalam kerja. Akibatnya, gusi dan gigi jadi gampang rusak.

5. Jangan meminum obat sembarangan

Oabt yang dimaksud adalah obat pengencer darah seperti aspirin. Pengobatan hanya dapat dilakukan jika atas anjuran dokter.

6. Bantu dari luar

Maksudnya adalah membantu tubuh mendapatkan asupan yang lebih dari makanan. Hal ini karena vitamin secara normal tidak diproduksi dalam tubuh maka dari itu kita membantu asupan vitamin dari buah terutama jambu merah yang kaya akan vitamin C.

Pada kasus sederhana yang dapat menyebabkan perdarahan pada gusi adalah karang gigi dan infeksi sekeliling mulut, maka dari itu kita harus menjaga agar mulut tetap steril. Bila kondisi berlanjut ada baiknya anda pergi ke dokter untuk memeriksakan diri untuk mengetahui penyakit yang membuat gusi anda semakin berdarah.

 

 


Pencarian:
  • cara mengatasi gusi berdarah terus menerus
  • penyebab pembulu darah pecah pada gusi
  • mengatasi gusi berdarah karena trauma
  • gusi keluar darah setelah terkena itp
  • darah beku di mulut
  • cara mengobati pendarahan d gusi akibat deman berdarah
  • cara menghentikan pendarahan di gusi
  • cara menghentijan gusi
  • cara mengatasi pendarahan hebay pada gusu
  • cara mengatasi keluar darah dari mulut
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.