Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

8 Cara Melentikkan Bulu Mata Dengan Mudah dan Alami

Bulu mata yang lentik selalu menjadi idaman para wanita, sebab hal ini identik dengan kesan lebih cantik dan membuat penampilan lebih memukau. Penggunaan maskara kerap menjadi pilihan banyak orang, terutama mereka yang memang dituntut untuk selalu tampil maksimal di setiap kesempatan. Namun sebagaimana kosmetik lainnya, penggunaan maskara dalam waktu yang terlalu panjang juga bisa saja berdampak negatif dan membuat bulu mata menjadi rusak / rontok.

Cara Melentikkan Bulu Mata Secara Alami

Daripada mengambil resiko tersebut, tentu akan jauh lebih baik jika melentikkan bulu mata secara alami saja, bukan?

Simak 8 cara melentikkan bulu mata berikut ini, agar penampilan selalu menarik sepanjang hari:

1. Oleskan madu

Khasiat yang terkandung di dalam madu tentu tidak perlu diragukan lagi, mengingat cairan ini memang memiliki kandungan vitamin dan beragam nutrisi yang baik bagi kesehatan. Madu juga bisa merangsang pertumbuhan bulu mata menjadi lebih sehat dan lentik, apalagi jika digunakan secara teratur pada bulu mata. Ambil satu sendok makan madu dan taruh di dalam piring kecil. Terapkan pada bulu mata dengan menggunakan sikat khusus bulu mata, sebagaimana ketika menerapkan maskara pada bulu mata. Biarkan hingga mengering (sekitar 30 menit) sehingga madu meresap dengan sempurna, lalu bilas dengan menggunakan air dingin.

2. Memotong ujung bulu mata

Sebagaimana rambut, bulu mata juga bisa dirangsang pertumbuhannya agar lebih panjang dari sebelumnya. Cara ini cukup mudah, namun harus dilakukan dengan sangat hati-hati, agar bulu mata tidak sampai rusak atau terpotong terlalu panjang. Guntinglah bagian ujung bulu mata dengan perlahan, dan pastikan semua bagian terpotong dengan merata, sehingga tidak tampak aneh. Gunakan gunting kecil yang tajam, sehingga proses ini berjalan mudah dan lancar. Lakukan hal ini sekali dalam 2 atau 3 bulan, sehingga hasilnya maksimal.

3. Gunakan minyak zaitun

Minyak yang kaya akan kandungan vitamin E ini memiliki banyak manfaat baik bagi kesuburan rambut, termasuk bulu mata. Minyak Zaitun juga bisa digunakan sebagai bahan alami dalam melentikkan bulu mata. Ambil satu sendok minyak zaitun dan taruh di dalam mangkuk kecil. Terapkan pada bulu mata dengan menggunakan kapas atau cotton bud, dan pastikan minyak ini merata pada semua bagian bulu mata. Biarkan hingga kering (sekitar 30 menit), lalu bersihkan dengan menggunakan air dingin. Cara ini akan memberikan manfaat maksimal, jika dilakukan 3-4 kali dalam sepekan.

4. Pakai gel lidah buaya

Manfaat lidah buaya yang sangat baik bagi rambut sudah dikenal sejak lama. Lidah buaya juga bisa digunakan untuk melentikkan bulu mata, sebab tanaman ini memang memiliki kandungan vitamin E yang baik dan dapat membantu pertumbuhan bulu mata menjadi lebih maksimal. Ambil sepotong lidah buaya dan belah bagian tengahnya hingga gelnya terlihat dan bisa digunakan. Gunakan cotton bud untuk menerapkan gel ini pada bulu mata, agar gel bisa merata. Biarkan hingga mengering (sekitar 30 menit), lalu bilas dengan menggunakan air dingin.

5. Pakai minyak kastor

Minyak kastor atau yang dikenal juga dengan nama minyak jarak ini memiliki kandungan vitamin E dan berbagai nutrisi lainnya yang baik bagi kesehatan bulu mata. Untuk melentikkan bulu mata, terapkan minyak kastor secara teratur 2-3 kali dalam seminggu. Untuk menerapkannya dengan baik, gunakan cotton bud atau sikat khusus bulu mata. Terapkan secara merata pada bulu mata, dari pangkal hingga ujungnya, lalu diamkan hingga 30 menit. Setelah minyak kastor meresap dengan baik, bilas bulu mata dengan menggunakan air hangat.

6. Campuran daun sirih dan lidah buaya

Daun sirih juga bisa membantu untuk melentikkan bulu mata, terutama jika dicampurkan dengan gel lidah buaya. Antioksidan serta zat lainnya yang terkandung di dalam daun sirih, dapat membantu penyerapan gel lidah buaya menjadi lebih baik dan maksimal pada bulu mata. Cukup ambil 3 helai daun sirih, lalu remas dalam sebuah mangkuk kecil hingga mengeluarkan lendir / gel lembut. Ambil lendir daun sirih tersebut dan campurkan dengan sedikit gel lidah buaya (dalam takaran yang sama), lalu terapkan pada bulu mata. Gunakan sikat bulu mata atau cotton bud, agar hasilnya merata dari pangkal hingga ujung bulu mata. Biarkan satu jam penuh, sehingga gel meresap dengan sempurna. Lakukan hal ini 3 kali dalam sepekan.

7. Gunakan minyak kemiri

Minyak kemiri juga memiliki khasiat yang sangat baik dalam menyuburkan rambut, termasuk bulu mata. Selain membuat bulu mata menjadi lebih lebat dan hitam, minyak kemiri juga dapat membantu bulu mata menjadi lebih lentik dan panjang dari sebelumnya. Terapkan minyak kemiri ini pada bulu mata di malam hari, gunakan cotton bud atau sikat khusus bulu mata agar minyak bisa merata. Lakukan hal ini di malam hari, dan biarkan minyak sepanjang malam tanpa dibilas. Minyak akan meresap dengan baik dan bekerja dengan maksimal. Bilas bulu mata di pagi hari dengan menggunakan air hangat. Lakukan hal ini 2-3 kali dalam seminggu, agar bulu mata lebih sehat dan lentik dari sebelumnya.

8. Manfaatkan susu murni

Bukan hanya menyehatkan tubuh saja, namun susu murni juga bisa digunakan untuk melentikkan bulu mata. Kandungan kalsium, protin, vitamin serta zat lainnya di dalam susu murni, dapat merangsang pertumbuhan bulu mata menjadi lebih maksimal. Ambil secangkir susu murni, lalu shake di dalam cangkir tertutup / shaker hingga berbusa, lalu terapkan pada bulu mata dengan menggunakan cotton bud. Biarkan hingga meresap (sekitar 1 jam), lalu bilas dengan air bersih.

Tidak harus selalu menggunakan kosmetik atau maskara, bulu mata juga bisa dilentikkan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Pilih bahan yang paling tepat, agar proses ini bisa berjalan dengan mudah dan menyenangkan.

Cara melentikkan bulu mata dapat dilakukan dengan lebih mudah dan simpel, bahkan hanya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita juga.


Pencarian:
  • cara melentikan bulu mata
  • Cara Melentikkan Bulu Mata
  • cara melentikan bulu mata secara alami
  • cara memanjangkan dan melentikkan bulu mata
  • cara melentikkan bulu mata secara alami
  • cara melentikan bulu mata dengan sendok
  • cara melentikkan bulu mata dengan sendok
  • https://karyasehat com/cara-melentikkan-bulu-mata/
  • cara melentikan bulu mata dengan madu
  • cara melentikkan bulu mata dengan madu
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.