Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

10 Cara Membakar Lemak Yang Ampuh Dengan Olahraga Dan Gerakan Ringan

cara membakar lemak
Bukan sebuah isapan jempol jika untuk memiliki berat badan yang ideal, Anda perlu usaha untuk membakar lemak. Banyak cara untuk membakar tumpukan lemak di tubuh Anda, tentu saja olahraga adalah prioritas terbaik terutama olahraga aerobik. Olahraga aerobik adalah jenis olahraga yang disarankan untuk orang dewasa berusia 18 hingga 64 tahun oleh World Health Organization.

Ini Dia Olahraga Ringan Sebagai Cara Membakar Lemak Tubuh

Lama waktu berolahraga yang ideal bagi seseorang adalah sekitar 150 jam perminggu. Standar ini bisa Anda penuhi untuk membakar lemak melalui berbaagi jenis olahraga dengan rincian 10 hingga 73 menit per hari. Ada pun jenis olahraga yang bisa Anda pilih sebagai cara membakar lemak dengan cepat adalah sebagai berikut.

1. Tennis

Tennis adalah jenis olahraga aerobik yang intens karena menuntut banyak aktivitas otot di dalam tubuh. Olahraga tennis tidak hanya sekadar menepuk dan mengembalikan bola melainkan juga terdapat pergerakan lainnya seperti lari, melatih kecepatan, dan fokus. Oleh karena itu, tennis cukup ampuh untuk membakar lemak di tubuh.

Satu jam melakukan olahraga tennis diketahui mampu membakar 400 hingga 500 kalori. Jumlah ini terhitung cukup luas jika dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya. Jika Anda ingin membakar lemak di tubuh dengan cepat, Anda bisa membuat jadwal rutin bermain tennis bersama tim setiap akhir pekan.

2. Jumping Rope

cara membakar lemak dengan jumping rope

Olahraga lompat tali atau jumping rope membakar lebih banyak lemak dari yang Anda bayangkan. Olahraga praktis yang hanya membutuhkan seutas tali dengan panjang tertentu ini bisa membakar 700 hingga 1000 lkalori per jam. Selain mudah dilakukan, olahraga lompat tali tidak merepotkan dan tentu saja menyenangkan.
Melakukan olahraga lompat tali idealnya dilakukan setiap pagi ketika kualitas udara masih baik. Selain mampu membakar lemak, olahraga ini juga mampu membentuk otot tangan, kaki, serta melatih fokus mata. Jangan lupa untuk melakukan improvisasi lompatan seperti menambah kecepatan, zig zag dan lain sebagainya.

3. Lari

Olahraga praktis lainnya yang mampu membakar lemak di tubuh Anda dengan cepat adalah lari atau jogging. Lari adalah olahraga standar yang bisa dilakukan orang dengan mudah tanpa membutuhkan alat atau trek tertentu. Anda bisa melakukan olahraga ini bahkan di dalam ruangan dengan luas yang cukup.

Lari mampu membakar kalori sebesar 350 hingga 900. Namun, olahraga yang rutin mampu mengakumulasi pembakaran lemak dan manfaat yang didapatkan oleh tubuh. Hal. Terpenting dalam olahraga lari bukanlah mengenai jarak tempuh namun mengenai intensitas. Lari yang baik akan memberikan Anda kebugaran dan kekautan otot serta melatih vitalitas tubuh.

4. Sepakbola

cara membakar lemak dengan sepak bola

Siapa yang tidak suka sepakbola? Olahraga ini adalah olahraga populer nomor satu di dunia yang kehadirannya selalu ditunggu-tunggi di televisi. Berbanding lurus dengan popularitasnya, pelaku olahraga serta manfaat dari sepakbola ini pun cukup besar. Anda bisa membakar kalori sekitar 900 hingga 1400 yang tentu akan dengan cepat membakar lemak di tubuh Anda.

Selain itu, sepakbola juga merupakan olahraga yang melibatkan tim. Olahraga tim baik untuk melatih kerja sama serta menuntut pergerakan yang lebih padu, intens, dan terukur. Salah satu kunci dari olahraga yang bermanfaat adalah penggunaan kualitas lapangan yang baik serta pemanasan untuk menghindari cedera.

5. Indoor Climbing

Saat ini keingian Anda untuk olahraga mendaki tebing tidak perlu benar-benar dilakukan di gunung. Berkembang pesatnya pusat olahraga membawa olahraga ekstrim ini ke ruangan tertutup. Anda bisa memilih banyak studio indoor climbing untuk membakar lemak di tubuh Anda.

Manfaat dari indoor climbing tentu saja lebih aman karena difasilitasi oleh berbagai perlengkapan keamanan. Indoor climbing bisa menjadi alternatif olahraga bagi Anda yang bosan gym. Ada pun kadar kalori yang bisa Anda bakar dengan melakukan indoor climbing selama satu jam yakni sekitar 600 hingga 900 kalori.

6. Golf

cara membakar lemak dengan golf

Jika Anda mencari jenis olahraga yang mampu membakar lemak dan memperbaiki kualitas kesehatan namun tidak begitu ekstrim maka golf adalah jawabannya. Golf sama halnya dengan catur menutut Anda untuk berpikir dan melakukan perhitungan sistematis agar tujuan utama olahraga tersebut bisa tercapai.

Berolahraga golf juga ternyata mampu membakar lemak dengan meniadakan sejumalh 400 kalori per jam. Poin penting dari bermain golf agar mampu membakar lemak tubuh Anda secara maksimal adalah dengan lebih banyak melakukan perjalanan dengan kaki dari pada mengandalkan golf cart.

7. Berenang

Tidak hanya menyenangkan, berenang mampu membantu Anda dalam upaya membakar lemak. Selain mampu membakar lemak, olahraga renang juga mampu membentuk otot tubuh, meningkatkan stamina serta memperbaiki postur tubuh. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih berenang sebagai olarhaga utama.

Berenang adalah cara membakar lemak yang paling efektif.
Banyaknya kalori dan lemak yang bisa Anda bakar ketika berenang tergantung pada seberapa banyak usaha Anda ketika melakukan olahraga tersebut. Hanya saja secara umum, berenang selama satu jam rata-rata mampu memangkas hingga lebih dari 550 kalori dari tubuh. Tentu, renang adalah pilihan olahraga yang tepat.

8. Bersepeda

cara membakar lemak dengan bersepedah

Olahraga membakar lemak yang mudah dan menyenangkan adalah Bersepeda. Bersepeda bisa menjadi alternatif olahraga outdoor yang Anda pilih jika sudah bosan dengan jenis olahraga indoor atau olahraga tim lainnya yang menguras banyak tenaga. Meski begitu, jumlah kalori yang mampu dibakar oleh aktivitas ini cukup banyak yakni sekitar 500 hingga 1000 kalori per jam.

Jika Anda malas bersepeda di luar ruangan, kini pusat-pusat kebugaran menyediakan fasilitasn gym bicycle. Olahraga ini selain mampu membakar lemak juga cukup ampuh dalam melatih kekuatan seluruh tubuh, terutama bagian lengan. Oleh karena itu, olahraga bersepeda masih menjadi pilihan bagi masyarakat luas.

9. Snowboarding

Jangan terlalu memfokuskan diri Anda pada jenis-jenis olahraga musim panas. Kini saatnya Anda melakukan olahraga untuk membakar lemak melalui aktivitas musim dingin seperti olahraga snowboarding. Olahraga ini merupakan olahraga yang sangat menyenangkan dan bagus untuk pembentukan fisik.

Mayoritas masyarakat melakukan aktivitas snowboarding untuk menurunkan berat badan dan memang pada dasarnya olahraga ini efektif untuk membakar lemak di badan. Banyaknya kalori yang bisa dibakar dari olahraga ini sekitar 400 hingga 600 kalori per jam. Namun jumlah ini bisa bertambah atau berkurang sesuai dengan intensitas pergerakan tubuh Anda.

10. Rawing

Puas dengan olahraga di atas darat, Anda disarankan untuk mencoba aktivitas olahraga air seperti rawing. Olahraga rawing bisa Anda lakukan sambil menikmati alam dan melakukan relaksasi. Aktivitas rawing yang intens diketahui mampu membakar kalori sebanyak 400 kalori per jam. Akan tetapi, aktivitas yang lebih intens mampu membakar hingga 700 kalori per jam. Angka yang cukup untuk membakar lemak di tubuh Anda.

Demikian beberapa cara membakar lemak yang bisa Anda coba. Memiliki masalah dengan berat badan bagi sebagian orang adalah hal biasa, akan tetapi kelebihan kadar lemak di perut mampu memicu berbagai penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah dan jantung. Oleh itu, Anda perlu membiasakan diri untuk melakukan aktivitas olahraga yang mampu membakar lemak.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.