Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

9 Cara Memutihkan Kulit Bayi Yang Aman Dan 100% Alami

 

cara memutihkan kulit bayi

Para ibu pasti menginginkan semua yang terbaik untuk anaknya. Apalagi untuk bayi perempuan, tentunya kulit yang putih, bersih, dan mulus diidam-idamkan oleh semua ibu. Tahukah ibu, bahwa ternyata ada cara alami untuk membuat kulit bayi menjadi lebih putih tanpa membahayakannya? Simak 9 cara memutihkan kulit bayi secara alami berikut ini :

Cara Memutihkan Kulit Bayi

1. Menggunakan Pasta Tepung Gram

Tepung gram merupakan tepung yang dibuat dari salah satu varietas buncis yang banyak ditemukan di India dan Pakistan. Untuk memutihkan kulit bayi, gunakan campuran antara susu murni, bubuk kunyit, krim susu, serta tepung gram.

Campurkan semua bahan menjadi satu sehingga membentuk pasta yang dapat dioleskan ke kulit bayi. Oleskan dan diamkan selama 10 menit hingga pasta ini mengering, kemudian gunakan bola kapas atau kain yang lembut untuk membersihkannya. Dengan menggunakan bahan-bahan yang aman untuk bayi ini, susu murni dapat membunuh bakteri yang dapat membuat kulit bayi kusam.

2. Menggunakan Jus Buah

cara memutihkan kulit bayi dengan jus buah

Untuk bayi yang sudah berusia tiga bulan atau lebih besar, Anda dapat menggunakan jus buah yang memiliki kandungan alami untuk membersihkan bagian epidermis kulit, sehingga membuat kulit bati lembut dan putih. Beberapa contoh jus buah yang memiliki fungsi ini antara lain buah apel, jeruk, dan anggur.

Namun jangan pernah meminumkan jus buah tersebut untuk bayi dibawah 3 bulan yang memang hanya bisa menolerir ASI pada sistem pencernaannya, dan belum memiliki sistem imun yang kuat untuk mencerna jus buah.

3. Menggunakan Minyak Esensial

Beberapa contoh minyak esensial yang dapat digunakan untuk membuat kulit bayi putih adalah minyak zaitun dan minyak almond. Kedua jenis minyak ini memang mengandung berbagai manfaat yang sangat baik untuk mencegah radikal bebas menyerang kulit bayi.

Caranya cukup mudah, Anda hanya tinggal memanaskan sedikit minyak dengan menggunakan microwave atau panci ganda, kemudian pijat-pijat bayi Anda perlahan dengan menggunakan minyak yang hangat tersebut.

Dengan memijat bayi menggunakan minyak esensial, maka kulit bayi mendapatkan tambahan kelembapan, apalagi untuk bayi yang kulitnya cukup sensitif. Kulit bayi juga akan memiliki tone yang lebih cerah namun tetap lembut dan ternutrisi dengan baik

4. Mandikan Dengan Temperatur Air yang Pas

Pernah terpikir bahwa cara Anda memandikan bayi ternyata cukup berpengaruh pada warna kulitnya? Memandikan bayi dengan air yang terlalu panas atau terlalu dingin akan menyebabkan kulit bayi semakin sensitif dan terlihat lebih gelap dari hari ke hari.

Untuk mendapatkan kulit bayi yang tetap putih, cobalah menggunakan air yang hangat suam-suam kuku setiap kali Anda akan memandikan bayi. Cek terlebih dahulu suhu air dengan mencipratkannya sedikit ke kulit telapak tangan bagian atas yang cukup tipis. Jika dirasa terlalu panas, maka tunggulah hingga beberapa saat, sehingga kulit bayi tidak lagi menjadi gelap akibat memakai air yang salah untuk mandi.

5. Menjemur Bayi di Pagi Hari

cara memutihkan kulit bayi dengan menjemurnya di pagi hari

Sinar matahari pagi yang belum terlalu panas sangat baik untuk bayi, karena kulit bayi akan memproduksi lebih banyak vitamin D secara alami jika Anda menjemur bayi secara rutin sebelum jam 9 pagi.

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang bermanfaat untuk menjaga warna kulit tetap cerah, serta membentuk pigmen kulit yang sehat. Oleh karena itulah banyak ibu yang menjemur bayinya dengan mengajaknya bermain keluar di pagi hari untuk mendapatkan cahaya matahari pagi yang cukup.

6. Membuat Baby Scrub Alami

Anda juga bisa membuat baby scrub dari bahan-bahan yang ada di rumah secara alami untuk membuat kulit bayi lebih putih dan lembut. Scrub bayi yang dibuat di rumah dapat menghilangkan segala macam kotoran yang menempel pada permukaan kulit bayi, sehingga nantinya akan mencerahkan warna kulit bayi.

Anda bisa menggunakan campuran antara air mawar, susu murni, dan baby oil, serta bubuk bumbu dapur yang dapat digunakan untuk memutihkan kulit bayi. Gunakan teknik yang benar untuk melakukan scrub dan pemijatan, jangan sampai melukai bayi Anda. Gosoklah dengan sangat perlahan sehingga bayi tidak merasa kesakitan atau malah iritasi kulitnya.

7. Jangan Menggunakan Sabun Mandi Biasa

Untuk mandi sehari-hari, sebaiknya Anda menghindari untuk menggunakan sabun pada bayi yang kulitnya masih sangat sensitif. Sabun dapat membuat kulit bayi kasar, terkelupas, dan mengering, sehingga tentunya warnanya kurang seragam.

Buatlah sendiri ramuan yang dapat membersihkan tubuh bayi dari campuran antara air mawar dengan susu murni. Campuran ini dapat bersifat bak sabun cair khusus bayi yang akan membuat kulit bayi terjaga kehalusannya dan warnanya pun lebih cerah.

Jika tidak ingin repot, pastikan Anda menggunakan sabun bayi yang mengandung jumlah natrium lebih sedikit sehingga tidak melukai kulit bayi Anda.

8. Gunakan Mild Body Pack

Kulit bayi berkali-jali lebih sensitif dibandingkan kulit orang dewasa, karena masih sangat tipis dan perlu diperlakukan dengan lebih halus. Untuk mencerahkan warna kulit bayi, Anda bisa juga membuat sendiri mild body pack yang terdiri dari bubuk kunyit, pasta sandalwood, dan safron yang dicampurkan dengan sedikit susu murni.

Aplikasikan campuran mild body pack ini ke seluruh permukaan kulit bayi, dan biarkan hingga mengering selama 10-15 menit sebelum akhirnya dibersihkan dengan kapas yang basah. Bahan-bahan tersebut mengandung berbagai kandungan yang dapat membantu membuat kulit bayi lebih putih.

9. Gunakan Pelembab

Untuk menjaga kulit bayi tetap lembut, halus, dan putih, gunakan pelembab khusus kulit bayi yang dapat meningkatkan warna kulit bayi. Untuk hasil yang maksimal, gunakan pelembab setiap 5 jam sekali, sehingga kulit bayi mendapatkan nutrisi yang cukup untuk berkembang sel-sel kulitnya memproduksi pigmen warna kulit yang cerah.

Sembilan cara untuk membuat kulit bayi lebih putih sudah kami tampilkan. Semoga membantu Anda memiliki bayi dengan kulit putih, bersih, dan sehat sesuai idaman semua ibu.


Pencarian:
  • cara memutihkan kulit bayi
  • https://karyasehat com/cara-memutihkan-kulit-bayi/
  • Agar kulit bayi putih
  • cara mencerahkan kulit bayi
  • membuat kulit bayi putih kembali
  • cara memutihkan kulit bayi yang hitam
  • memutihkan kulit bayi
  • cara agar kulit bayi putih
  • cara alami agar kulit bayi putih
  • apakah minyak zaitun bisa memutihkan kulit bayi
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.