Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

10 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Dengan Ampuh

 

Bibir kering dan pecah-pecah menjadi masalah sebagian orang yang bisa anda jumpai di sekitar, atau justru anda sedang mengalami ini? Penyebab bibir kering yang paling umum adalah kebiasaan membasahi bibir dengan air liur ketika merasa bibir kasar dan kering, padahal itu justru semakin membuat bibir kering bahkan pecah-pecah.

Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

Penyebab bibir kering juga karena terbiasa beraktifitas outdoor sehingga sering terkena paparan matahari. Kondisi sinar matahari juga bisa mempengaruhi, bibir dapat kering lebih cepat hanya karena udara di saat cuaca panas. Lalu bagaimana solusinya? Nah, berikut ini 10 cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang telah kami siapkan untuk anda:

1. Gunakan lip blam

Lip balm berfungsi untuk melembabkan bibir. Disaat cuaca panas dan udara sekitar juga terasa panas, jangan lupa untuk mengoleska lip balm pada bibir untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah.

2. Menggunakan madu untuk merawat bibir

Madu memang telah menjadi bahan serbaguna dan kaya manfaat. Bahan yang dihasilkan dari lebah ini dapat menjadi obat dalam mengatasi masalah bibir pecah-pecah. Oleskan madu beberapa kali dalam sehari sebagai pelembab alami untuk bibir kering.

3. Jangan lagi membiasakan menjilat bibir

Kebiasaan menjilat bibir atau membasahinya dengan air liur ketika merasa tak nyaman pada bibir justru malah akan membuat bibir semakin kering. Air liur atau saliva akan cepat mengering dan justru memperparah bibir pecah-pecah.

4. Minum air putih secara cukup

Pastikan anda minum air putih yang cukup setiap harinya agar tidak kekurangan cairan. Bibir kering menjadi salah satu tanda dehidrasi. Jadi, dengan minum air putih bukan saja mencegah bibir kering tapi juga menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Scrub bibir

Scrub bibir bertujuan untuk mengelupas sel-sel kulit mati di bibir agar sel kulit baru menjadi tidak terhalangi untuk menampilkan senyum menawan anda. Membuat scrub bisa dengan menggunakan minyak zaitun. Begini cara membuatnya:

  • Siapkan mangkok dan masukkan beberapa tetes minyak zaitun.
  • Tambahkan dengan dua sendok gula pasir.
  • Tambahkan pula satusendok madu lalu aduk rata.
  • Diamkan selama 5 ini agar gula bisa sedikit meleleh sehingga lebih lembut.
  • Gosokkan perlahan pada bibir agar sel-sel kulit mati terkelupas.
  • Bersihkan denga air hangat.

6. Cream lemon

Selain menggunakan minyak zaitun sebagai ramuan untuk mengatasi bibir kering, anda juga bisa mengembalikan kelembaban bibir anda dengan cream lemon. Selain membantu merawat bibir yang pecah-pecah, cream ini akan menjadikan bibir yang gelap menjadi lebih merah alami. Cara membuat cream lemon dan madu ini seperti berikut:

  • Campurkan ½ sendok teh air perasan lemon dan ½ sendok teh madu.
  • Tambahkan pula ½ sendok teh minyak jarak kemudian aduk rata.
  • Oleskan di bibir di malam hari sebelum tidur.
  • Untuk hasil terbaik ulangi hal tersebut selama 10 hari.

7. Lidah buaya

Tanaman dengan nama latin Aloe vera ini memang memiliki banyak fungsi. Dikenal sebagai bahan alami untuk perawatan rambut serta obat herbal, lidah buaya juga bisa dipakai untuk merawat bibir kering dan mengembalikan kelembaban alaminya. Caranya sangat sederhana, belah lidah biaya dan oleskan gel lidah buaya di malam hari saat ingin beranjak tidur. Rasa dingin yang dimiliki lidah buaya ini akan memberikan kesejukan dan melembabkan bibir.

8. Minyak kelapa

Untuk mengatasi bibir kering, gunakan minyak kelapa sebagai bahan dari alam untuk melembabkan bibir. Caranya, oleskan mimyak kelapa pada bibir setiap hari.

9. Timun

Sayuran yang satu ini memang memiliki kadar air yang tingi dan bersifat mendinginkan. Bila bibir anda terasa kering dan pecah-pecah, mengolesinya dengan mentimun yang telah dihaluskan akan memberikan kelembaban untuk bibir. Diamkan selama 15 – 20 agar nutrisi pada timun meresap. Kemudian bersihkan denga air. Ulangi langkah ini beberapa kali agar hasilnya terlihat.

10. Kantong teh hijau

Menggunkan teh hijau sebagai perawatan kecantikan merupakan tradisi turun-temurun yang telah dilangsungkan sejak lama. Tapi, tradisi ini diperbahui dengan tak menggunakan teh hijau secara langsung tapi memakai teh hijau yang telah dikemas di kantong teh yang banyak dijual karena kepraktisan. Bahannya yang sama dari teh hijau ini tetap tidak menghilangkan manfaatnya. Tak hanya untuk kulit wajah, teh hijau juga bisa difungsikan untuk mengatasi bibir kering. Caranya, pakai saja kantong teh hijau yang sebelumnya telah digunakan. Tempelkan di bibir sembari di tekan-tekam selama 4 menit. Melakukan ini secara rutin akan berangsur melembabkan bibir.

Demikianlah cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Selain merawatnya dengan bahan alami yang memberikan kelembaban pada bibir, hindari juga kebiasaan yang akan membuat bibir semakin kering. Semoga informasi ini bermanfaat.


Pencarian:
  • tips agar bibir bayi merah alami loc:ID
  • gimana cara menyembuhkan bibir pecah pecah yang 100%ampuh
  • cara menyembuhkan bibir kering terus
  • cara menghilangkan bibir kering hanya sebagian
  • cara ampuh mengatasi bibir menebal dan pecah pecah
  • cara ampuh bibir pecah peca
  • cara alami mengatasi wajah kering
  • cara agar bibir tidak kering pecah pecah dan tetap lumer secara alami
  • bibir pecah pecah menggunakan pelembab bibir
  • bibi pecah pecah menebal
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.