Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

10 Cara Mengatasi Cegukan yang Terus-Menerus dengan Bahan Alami

Setiap orang tentu pernah mengalami cegukan, dan hal ini merupakan hal yang wajar-wajar saja terjadi. Namun jika cegukan yang anda alami terus menerus terjadi, maka bisa menjadi tanda-tanda masalah kesehatan yang cukup serius. Selain itu cegukan yang terus menerus terjadi akan sangat menganggu kenyamnanan anda bahkan orang lain di sekitar anda. Sehingga anda harus mencari cara mengatasi cegukan agar tidak memperparah keadaan.

Dalam dunia medis sendiri, cegukan atau singultus merupakan kondisi diagfragma mengalami kejang-kejang yang tak sesuai dengan keinginannya sendiri. Kejang-kejang ini lah yang akhirnya bisa menimbulkan cegukan yang cukup mengganggu. Cegukan bisa terjadi dikarenakan kadar karbondioksida yang ada di dalam darah mengalami penurunan hingga di tingkat yang rendah. Banyak hal yang bisa menyebabkan cegukan dan terjadi secara terus menerus, antara lain adalah:

  • Makanan yang pedas
  • Makan dengan terburu buru
  • Terlalu banyak makan
  • Minum air terlalu dingin
  • Kurangnya cairan di dalam tubuh
  • Terlalu banyak udara
  • Emosi yang tinggi
  • Bumbu masakan, bumbu yang terlalu asin ataupun terlalu asam.
  • Dan lainnya.

Cara Mengatasi Cegukan Secara Alami

Nah berikut ini beberapa metode dan cara mengatasi cegukan yang terjadi secara terus menerus yang bisa anda lakukan di rumah saja.

1. Minum Air Putih

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi cegukan yang terus menerus terjadi adalah dengan minum segelas air putih. Air yang masuk ke dalam tenggorokan nantinya bisa dengan perlahan dan bertahap mengembalikan kondisi diafragma ke kondisi normal sehingga tidak mengalami kejang kejang kembali.

2. Menahan Nafas

Cara ini juga cukup sering dilakukan banyak orang ketika mengalami cegukan secara terys menerus. Cobalah untuk menahan nafas beberapa saat, baik melalui mulut ataupun hidung. Setelah itu anda bisa melihat hasilnya.

3. Menekan Hidung

Anda dapat mencoba menghilangkan cegukan dengan cara menekan hidung dengan menggunakan satu tangan anda. Setelah itu cobalah untuk mengelola pernapasan dengan cara mengambil nafas dari mulut dan tutup mulut dengan rapat. Pastikan jika tidak ada udara sedikitpun yang terhirup ataupun masuk ke dalam tubuh. Lakukan metode ini kurang lebih selama 1 menit hingga kondisi cegukan dapat berhenti dengan sendirinya.

4. Minum Air Lemon

Cobalah untuk mengatasi cegukan terus menerus dengan mengkonsumsi air perasan lemon. Air lemon dinilai efektif membantu kondisi cegukan yang terus menganggu. Perasan air lemon bisa menyembuhkan cegukan yang diakibatkan karena mengkonsumsi makanan-makanan tertentu.

5. Menghisap Lemon

Jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengambil air perasan lemon, anda juga bisa mengatasi cegukan dengan menggunakan daging buah lemon. Cobalah untuk menghisap daging buah lemon dengan lidah anda. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan jika dengan menghisap daging buah lemon akan sangat bermanfaat mengatasi cegukan dibandingkan dengan menggunakan obat obatan kimia.

6. Gula

Gula juga bisa anda gunakan untuk mengatasi cegukan yang terjadi secara terus menerus. Caranya pun sangat mudah, anda bisa mengunyah ataupun menelang langsung kembang gula. Mengunyah dan mengkonsumsi gula akan membantu memberikan sinyal pada syaraf yang mana berkaitan dengan diagfragma sehingga dapat menghentikan pemicu cegukan yang terjadi terus menerus.

7. Berbaring

Jika cegukan yang terjadi tidak berhenti dan terjadi terus menerus anda bisa mencoba untuk berbaring di alas yang datar. Anda cukup membaringkan tubuh anda, posisikan lutut dengan ditekuk kea rah perut. Tetaplah dalah posisi ini kurang lebih selama satu menit. Lakukan berulang kali hingga kondisi cegukan anda sudah berangsur membaik.

8. Es Batu

Cegukan yang terjadi secara terus menerus bisa anda atasi dengan menggunakan es batu. Cobalah untuk mengunyah es batu yang beurkuran kecil saja. Rasa segar yang berasal dari es batu dipercaya mampu mengatasi cegukan dengan cepat dan efektif. Sebelumnya, anda bisa membiarkan es batu di dalam mulut pada beberapa saat. Setelah itu anda bisa mengunyah es batu tersebut dan menelannya.

9. Mengunyah Roti Kering

Cara ini sama halnya dengan menggunakan es batu namun anda menggantinya dengan menggunakan roti kering. Mengunyah roti kering ternyata bisa membantu menghilangkan cegukan yang anda alami. Hal ini karena remahan dari roti kering tersebut bisa mmebantu otot diagfragma menjadi lebih lentur sehingga tidak menegang kembali. Otot diagfragma yang melentur inilah yang membuat cegukan bisa menghilang.

10. Makanan Asam

Makanan berasa asam juga ampuh untuk menghilangkan cegukan yang terus menerus terjadi. Contoh makanan asam yang bisa anda gunakan adalah cuka. Rasa asam dari cuka bisa menjadi simultan baik yang dapat memperlancar pernapasan. Saat anda mencoba makan makanan yang asam tentu saja ada sensai yang membuat anda mengernyitkan dahi dan hal inilah yang membantu proses penyembuhan cegukan.

Cegukan merupakan masalah yang berkaitan dengan sistem pernapasan anda. sehingga bila terjadi secara terus menerus maka anda harus cepat mengobatinya agar tak memperparah keadaan. Meskipun merupakan hal yang wajar namun jika terjadi secara terus menerus tentu saja akan menyebabkan ketidaknyamanan hingga masalah yang serius terkait dengan sistem pernapasan anda. Cara mengatasi cegukan diatas bisa anda terapkan di rumah dan tentuny aman, efektif, dan alami. Semoga informasi yang disampaikan bisa bermanfaat untuk anda.


Pencarian:
  • apa obat cekukan herbal yg bgus bisa dibikin sendiri
  • Buah untuk cegukan
  • mengatasi cegukan dengan cuka
  • Obat alami untuk cegukan
  • obat semedu
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.