Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

12 Cara Mengatasi Susah Tidur Yang Ampuh dan Alami Tanpa Obat-obatan

Tidur menjadi kebutuhan setiap orang untuk mengistirahatkan tubuh setelah lelah bekerja seharian. Namun, ada kalanya seseorang justru tidak bisa tidur di malam hari dan lantas menjadikannya terjaga sepanjang malam. Apakah anda juga pernah mengalaminya? Atau justru memang memiliki kebiasan susah tidur? Dalam ilmu medis gangguan tidur ini dinamakan insomnia.

Cara Mengatasi Susah Tidur Dengan Mudah Dan Alami

Sebenarnya ada beberapa tips untuk menanggulanginya. Dilansir dari berbagai sumber, inilah cara mengatasi susah tidur yang dapat anda lakukan:

1. Mandi menggunakan air panas

Mandi air panas sebelum tidur diyakini mampu merilekskan pikiran. Hal ini akan membantu anda tidur pulas setelahnya. Agar lebih rilexs, tambahkan pula beberapa tetes minyak lavender yang akan memberikan keharuman di tubuh dan tidur menjadi lebih nyenyak dengan aroma bunga yang menenangkan.

2. Matikan alat elektronik

Matikan alat elektronik yang sering anda gunakan begitu hendak berbaring di ranjang dan tidurlah dengan lampu yang padam. Karena jika anda masih saja membawa alat elektronik seperti smartphone ketika hendak tidur, cahaya yang dihasilkan dari benda tersebut akan tertangkap oleh retina mata dan membingungkan otak membedakan antara siang dan malam yang membuat anda jadi tidak mengantuk.

3. Menggunakan kaos kaki

Jika anda sedang sulit tidur, anda bisa memakai tips menggunakan kaos kaki ketika tidur yang akan membuat anda tertidur lebih lelap. Apalagi jika musim hujan, menggunakan kaos kaki di malam hari akan membuat anda lebih hangat dan nyaman kemudian tertidur nyenyak.

4. Mencoba teknik pernapasan

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan perkataan orang yang menyarankan untuk membayangkan sedang menghitung domba ketika sulit tidur. Mungkin cara ini bisa berhasil untuk sebagian orang, tapi juga tak berefek apa-apa untuk sebagian yang lain. Jika anda pernah mencoba cara demikian namun tak berhasil, sekarang coba trik tidur pulas denga teknik pernapasan. Ada nih teknik pernapasan 4-7-8. Maksudnya, ambil napas selama 4 detik dari hidung, kemudian tahan selama 7 detik di perut dan keluarkan dari mulut perlahan selama 8 detik.

5. Mengkonsumsi teh chamomile

Percayakah anda jika kualitas tidur juga dapat dipengaruhi dari apa yang anda makan? Kalau begitu, diperlukan memgkonsumsi makanan yang membantu tubuh untuk bisa beristirahat secara cukup di malam hari. Mengkonsumsi teh chamomile dipercaya dapat merilekskan saraf yang akan berpengaruh menghilangkan insomnia.

6. Rileks kan pikiran

Tak dapat dipungkiri bahwa kerumitan pikiran bisa menjadikan seseorang mengalami insomnia atau sulit tidur. Karena itulah agar cepat tertidur pulas anda perlu merilekskan pikiran dan coba mengalihkan dari memikirkan hal-hal yang dapat memicu stress. Anda bisa juga membayangkan hal-hal indah yan pernah terjadi di hidup anda agar saraf otak lebih rileks dan anda pun merasa tenang serta mulai tertidur.

7. Membatasi tidur siang

Tidur siang berlebihan dapat menjadikan anda sulit tidur di malam hari karena porsi tidur sudah didapat dari siangnya. Tidur siang secukupnya saja ya. Bahkan para ahli mengatakan, 15-30 menit sudah cukup untuk tidur siang. Waktu yang baik untuk tidur siang adalah pukul 13.00 – 16.00. Tidur siang setelah jam 16.00 justru akan mengganggu siklus tidur di malam hari.

8. Tidur dan bangun pada jam yang teratur

Buatlah jadwal harian dan memastikan jam tidur anda dimana anda harus berhenti melakukan sesuatu lalu segera tidur. Tidur di jam yang sama setiap harinya akan membentuk jam biologis anda sehingga anda tak akan kesulitan tidur pada malam hari karena menetapkan jam tidur yang telah dipatuhi tubuh dengan sendirinya. Membiasakan diri untuk tidur tepat waktu juga akan membuat anda memiliki kebiasaan bangun tepat waktu.

9. Olahraga pagi

Olahraga pagi penting tak hanya untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, tapi juga dapat membantu merilekskan pikiran. Dengan pikiran yang tenang, tidur di malam hari pun akan lebih mudah.

10. Mengkonsumsi protein

Mengkonsumsi makanan berprotein yang lebih mudah dicerna akan membuat anda lebih mudah tidur dimalam hari. Organ-organ tubuh terutama organ pencernaan akan lebih tenang dalam menjalankan fungsinya yang akan membantu anda tertidur pulas.

11. Hindari mengkonsumsi kafein

Hindari untuk mengkonsumsi makanan dan minuman berkafein di malam hari. Kopi merupakan minuman yang telah populer diketahui mengandung kafein, sebaiknya hindari meminum kopi di malam hari agar anda mendapatkan tidur nyenyak.

12. Berkonsultasi dengan dokter

Jika anda mengalami insomnia atau sulit tidur yang berkepanjangan. Kalau anda sudah mencoba berbagai cara tapi tak juga bisa menghilangkan gangguan susah tidur, ada baiknya anda berkonsultasi pada dokter. Ahli medis akan lebih cermat dalam mencari penyebab isomnia anda. Beberapa insomnia juga dapat disebabkan karena penyakit tertentu, seperti: penyakit jantung, hipertensi, dan lain-lain.

Demikianlah cara mengatasi susah tidur yang dapat anda lakukan ketika mengalami insomnia. Semoga bermanfaat.


Pencarian:
  • cara mengatasi susah tidur
  • 7 tips mengatasi sulit tidur tanpa obat
  • susah tidur
  • obat tradisional susah tidur
  • https://karyasehat com/cara-mengatasi-susah-tidur/
  • mengatasi susah tidur
  • obat susah tidur malam
  • obat susah
  • obat alami susah tidur
  • obat herbal susah tidur
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.