Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

9 Cara Menghilangkan Gatal di Selangkangan Dengan Cepat dan Terbukti Berhasil

Sungguh tidak nyaman jika selangkangan gatal. Kita menjadi tidak bebas melakukan aktivitas. Biasanya selangkangan yang gatal tampak kemerahan dan mengelupas. Penyebab selangkangan gatal adalah karena infeksi jamur, infeksi bakteri, infeksi kulup, kudis, dan bagi penggila seks biasanya terjadi karena penyakit menular seperti sifilis, herpes genital, dan kutil.

Cara Mencegah Gatal di Selangkangan

Agar tidak merasakan gatal yang menyiksa pada selangkangan, maka perlu tindakan pencegahan seperti berikut.

  1. Menjaga kebersihan area selangkangan agar terhindar dari infeksi jamur atau bakteri.
  2. Mengeringkan selangkangan setelah selesai mandi atau buang air kecil.
  3. Tidak berbagi handuk ataupun baju dengan orang lain.
  4. Jangan memakai pakaian lembab dan basah terlalu lama.
  5. Pilih pakaian dalam yang bisa menyerap keringat, yang berbahan katun misalnya.
  6. Hindari mengenakan celana dalam yang terlalu ketat.
  7. Jaga kebersihan pakaian dalam, pakaian, ataupun handuk. Seringlah menyucinya.
  8. Gunakan alas kaki saat di kamar mandi umum
  9. Cucilah dahulu pakaian dalam yang baru sebelum mengenakannya

Cara Menghilangkan Gatal di Selangkangan Secara Alami

Cara menghilangkan gatal di selangkangan dengan cepat dapat menggunakan bedak atau krim anti jamur, garam, es batu, cuka sari apel, minyak esensial, daun sirih, daun kecubung, minyak kelapa, dan alkohol gosok. Sedangkan pencegahannya dengan menjaga kebersihan area selangkangan. Bagi yang sudah terlanjur mengalami gatal pada selangkangan akibat jamur, segera atasi dengan menggunakan bahan bahan yang mudah ditemukan seperti penjelasan berikut ini.

1. Bedak atau Krim Anti jamur

Bedak anti jamur bisa membunuh jamur-jamur yang menyebabkan kulit selangkangan gatal. Sebelum mengenakan bedak anti jamur, sebaiknya bersihkan dulu area yang gatal dengan air dan sabun. Kemudian oleskan krim atau taburkan bedak pada area yang gatal. Setelah gatal reda, segera hentikan penggunaanya.

Bisa juga dengan obat minum dan apabila gatal disebabkan oleh bakteri, maka memerlukan anti biotik. Jika disebabkan oleh scabies maka perlu obat anti scabies. Untuk lebih lengkapnya, bisa konsultasi langsung ke dokter.

2. Garam

Garam dapat meredakan rasa gatal pada selangkangan. Jadi larutkan garam dalam air dan gunakan untuk membilas area selangkangan yang gatal.

3. Es Batu

Kompres bagian yang gatal dengan es batu agar peradangan dan rasa gatal berkurang.

4. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel bisa menghilangkan gatal di selangkangan karena cuka sari apel memiliki kemampuan pengeringan alami dan sebagai anti jamur. Sehingga jamur penyebab gatal di selangkangan bisa tersingkir dan gatal akan mulai sembuh.

Cara menggunakannya yaitu dengan menghangatkan campuran setengah cangkir cuka sari apel dengan dua gelas air. Kemudian celupkan kain katun ke dalam campuran tersebut dan letakkan di area yang gatal selama 5 – 10 menit. Setelah itu angkat kain dan keringkan kulit. Pengobatan ini sebaiknya dilakukan 2-3 kali sehari.

5. Minyak Esensial

Minyak yang digunakan untuk menghilangkan rasa gatal ini antara lain minyak kelapa, minyak mimba, minyak lavender, minyak mur, dan minyak pohon teh. Minyak-minyak tersebut mengandung senyawa sehingga bisa mencegah infeksi yang disebabkan oleh jamur dan bakteri bisa. Campuran minyak tersebut memberikan sensasi yang agak panas pada kulit.

Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan ¼ cangkir minyak kelapa, ¼ cangkir minyak mimba, 2 sendok makan cuka sari apel, 10 tetes minyak lavender, 10 tetes minyak mur, dan 5 tetes minyak pohon teh. Setelah tercampur, letakkan di stoples kaca yang tertutup rapat. Oleskan minyak dua kali sehari di area yang gatal dan diamkan.

6. Daun sirih

Daun sirih terkenal dengan kandungan anti bakteri nya. Cara menggunakannya yaitu dengan menghancurkan daun sirih lalu mengoleskannya pada kulit yang gatal. Setelah beberapa menit, bilas dengan air rebusan daun sirih.

7. Daun Kecubung dan Minyak Kelapa

Cara menggunakannya yaitu dengan mencampur tumbukan halus daun kecubung dan minyak kelapa secukupnya. Kemudian campuran bahan tersebut dihangatkan. Setelah itu oleskan di selangkangan yang gatal. Pengobatan ini bisa dilakukan 2 – 3 kali setiap harinya.

8. Alkohol Gosok

Alkohol dapat menguap cepat dan menjadikan area yang terkena kering. Sehingga jamur nantinya sukar berkembang biak. Alkohol juga merupakan desinfektan dan anti mikroba sehingga bisa mencegah infeksi. Cara penggunaannya yaitu dengan menggunakan kapas, oleskan alkohol gosok atau isopropil alkohol ke area yang gatal dan biarkan mengering dengan sendirinya. Pengobatan ini bisa dilakukan 3-4 kali sehari.

9. Baking Soda

Baking soda memiliki sifat pengering dan penenang. Baking soda juga dapat menetralisir tingkat pH di area yang gatal dan juga bisa membantu mengurangi infeksi.

Cara penggunaaanya yaitu dengan membuat pasta kental campuran baking soda dan air. Kemudian oleskan campuran tersebut pada area yang gatal. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bersihkan dan keringkan kulit. Perlakuan ini bisa dilakukan 2 kali sehari. Namun perlu hati hati agar tidak terkena area vital dan sebaiknya hentikan penggunaan jika saat pasta diaplikasikan, kulit terasa perih yang berlebihan.

Demikian tadi paparan mengenai cara menghilangkan gatal di selangkangan. Karena selangkangan dekat dengan area vital, maka perlu hati-hati dalam penanganannya. Jika tak kunjung sembuh jua, sebaiknya segera konsultasi ke dokter.


Pencarian:
  • cara menghilangkan gatal di selangkangan
  • obat gatal selangkangan alami
  • cara menghilangkan gatal di selangkangan secara alami
  • obat alami gatal di selangkangan
  • cara menghilangkan gatal di selangkangan dengan air garam
  • https://karyasehat com/cara-menghilangkan-gatal-di-selangkangan/
  • cara mengobati gatal di selangkangan secara alami
  • obat alami gatal selangkangan
  • cara menghilangkan gatal pada selangkangan
  • cara mengobati gatal di selangkangan
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.