Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

10 Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Dan Mata Panda Paling Manjur

cara menghilangkan kantung mata
Kantung mata biasa popular dengan mata panda. Meski mencatut nama Panda, mata Panda bukanlah sesuatu yang benar-benar lucu untuk dimiliki oleh seorang perempuan. Selain mengganggu penampilan, mata panda yang cukup besar akan membuat wajah tampak kusam dan layu. Tidak heran, kantung mata memang kerap muncul ketika seseorang memiliki waktu istirahat yang kurang. Meski begitu, kantung mata juga bisa muncul ketika Anda mengalami stress.

Ini Dia Cara Menghilangkan Kantung Mata Yang Ampuh

Saat ini, banyak produk kecantikan yang bisa menyamarkan mata panda atau kantung mata. sebut saja concealer. Mengaplikasian concealer mampu membuat area hitam di sekitar mata Anda hilang. Akan tetapi produk tersebut tidak dapat benar-benar menyembuhkan kantung mata Anda. Padahal lingkungan terdekat Anda sesungguhnya memiliki bahan-bahan terduga yang mampu mengatasi mata panda, lho. Berikut cara menghilangkan kantung mata yang bisa Anda terapkan.

1. Memenuhi Kebutuhan Terhadap Air

cara menghilangkan kantung mata dengan air

Bengkaknya area di sekitar mata Anda dengan perubahan warna menuju gelap bisa jadi disebabkan oleh resistensi air. Oleh karena itu, solusi utama untuk membuat kantung mata Anda hilang adalah dengan memenuhi kebutuhan terhadap air. Dengan begitu, tubuh Anda akan terhidrasi dan bebas dari resistensi air.

Selain dikonsumsi untuk memenuhi cairan tubuh, air dingin juga mampu membuat mata Anda kembali pulih seperti semula. Anda hanya perlu membasuh wajah Anda dengan air dingin. Air mampu menghilangkan kotoran dan membuat wajah Anda tampak lebih segar. Air dingin juga mampu menyempitkan pembuluh darah yang membuat mata Anda dikelilingi oleh bengkak dan warna hitam.

2. Minyak Essensial Witch Hazel

Witch hazel adalah tumbuhan asli daerah Amerika Utara dan beberapa bagian Asia. Tumbuhan ini sudah lama terkenal manfaatnya dalam mengatasi berbagai masalah yang melibatkan kecantikan kulit dan wajah. Sebagai bahan alami, tentu saja Witch Hazela adalah produk alam yang aman untuk digunakan. Untuk menghilangkan mata panda, produ witch hazel yang digunakan adalah minyaknya. Anda bisa mengikuti empat langkah sederhana ini untuk merasakan manfaatnya.

  • Ambil 2-3 sendok minyak witch hazel,
  • Celupkan kapas dan biarkan menyerap,
  • Peras sedikit agar tidak menetes,
  • Letakkan di area mata,
  • Biarkan selama 5 menit.

3. Kompresan Kantung Teh Bekas Pakai

cara menghilangkan kantung mata dengan kantong teh bekas

Jangan buang kantung teh atau tea bag setelah Anda menyeduhnya. Jika Anda mengalami mata panda, kantuh teh bekas pakai atau yang baru bisa dijadikan solusi menghilangkan mata panda yang manjur. Dalam healthline, ada beberapa saran penggunaan tea bag yang berkhasiat salah satunya adalah anjuran untuk menggunakan teh organik tanpa campuran bahan kimia. Bagaimana cara menggunakan tea bag untuk menghilangan mata panda?

  • Seduh kantung teh sebagaimana ketika Anda menyeduh teh,
  • Peras hingga kantung teh bebas dari air berlebih,
  • Biarkan dingin sebentar, atau
  • Simpan kantung teh di dalam kulkas sekitar 10 hingga 20 menit,
  • Tempel di area mata dan biarkan selama 15 hingga 30 menit,
  • Pijat lembut

4. Irisan Buah Mentimun

Buah mentimun banyak digunakan untuk kesehatan mata dan kulit di area sekitar mata di beberapa rumah spa tradisional maupun modern. Buah dengan kandungan air yang kaya ini memang disinyalir mampu menghilangkan mata panda dan bagus untuk melembutkan kulit. Kemampuan tersebut berasal dari kandungan vitamin c dan caffeic acid di dalamnya.

Selain mudah di dapat, mengaplikasikan irisan buah mentimun juga terbilang cukup mudah untuk menghilangkan kantung mata. Cukup iris buah mentimun menjadi bulatan dan simpan di area mata untuk waktu 5 hingga 10 menit. Penggunaan irisan buah mentimum bisa Anda kombinasikan dengan aktivitas maskeran.

5. Selai Strawberry

cara menghilangkan kantung mata dengan selai strowbery

Menggunakan selai straberry untuk menghilangkan mata panda bukanlah isapan jempol belaka. Selai yang kaya akan vitamin c, antioksidan, dan alpha hydroxyle acid ini benar-benar ampuh dan bisa Anda gunakan. Hanya saja, Anda harus berhati-hati ketika memgaplikasikan selai ini di sekitar mata Anda agar tidak membuat kelilipan.

Cara menghilangkan kantung mata dengan selai strawberry tidaklah sulit. Cukup ambil satu sendok teh selain strawberry dan oleskan di area kantung mata Anda. jangan oleskan hingga pelupuk karena ditakutkan akan masuk ke dalam mata. Biarkan hingga 7 menit lalu bilas dengan air.

6. Air Cucian Beras

Meski tampak seperti limbah, air cucian beras sesungguhnya masih memiliki nutrisi yang bagus jika dimanfaatkan. Sebab, air cucian beras mengandung kulit ari beras sementara itu kulit ari beras kaya akan berbagai unsur seperti vitamin B1, B3, B6, Mangan, Fosfor, zink, hingga asam lemak esensial. Tidak heran jika beberapa orang kerap menggunakan air cucian beras untuk berbagai kepentingan.

Air cucian beras tampaknya juga mampu dijadikan bahan utama dalam cara menghilangkan mata panda. Hanya saja jangan sembarangan menggunakan air cucian beras, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendapatkan kualitas air cucian beras yang baik.

  • Ambil beras lalu cuci dan buang, karena air cucian beras yang pertama masih mengandung kotoran.
  • Cuci kembali beras dalam wadah untuk kedua kalinya, aduk sebentar,
  • Biarkan beras terendam hingga 30 menit agar nutrisnya larut,
  • Gunakan untuk mencuci wajah dan bagian mata,
  • Jangan lupa lakukan pemijatan lembut,
  • Cuci kembali wajah dengan air bersih secukupnya.

7. Minyak Esensial Lavender

cara menghilangkan kantung mata dengan minyak esensial lavender

Minyak esensial dari bunga lavender sudah banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan menilik manfaatnya yang besar. Minyak esensial lavender juga bisa digunakan terpisah untuk menghilangkan mata panda yang Anda miliki. Minyak ini kaya akan kandungan antioksidan yang berperan dalam memperlambat proses penuaan.

Minyak essensial lavender yang diperlukan untuk menghilangkan kantung mata Anda hanya sekitar 20 tetes. Kombinasikan dengan ¼ gelas kecil minyak almond, dan satu sendok makan lilin sarang lebah. Aduk bahan tersebut hingga membentuk gel. Gunakan jari Anda untuk mengoleskannya secara merata di area sekitar mata.

8. Campuran Buah Tomat

Tomat dikenal akan kandungan licopene-nya yang kaya. Selain itu, buah sayuran ini juga memiliki segudang mineral yang bagus untuk kesehatan kulit. Dalam rangka menghilangkan mata panda, tomat bisa diolah dengan berbagai cara sesuai dengan selera. Anda bisa langsung mengirisnya seperti mentimun lalu menempelkannya di area mata atau mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Bersihkan 2 hingga 3 buah tomat,
  • Blender hingga menjadi jus,
  • Jangan lupa tambahkan beberapa helai daun min,
  • Sisihkan sebagian untuk diminum,
  • Pakai sebagian untuk dioles pada area mata panda Anda.

9. Bubuk atau Ampas Kopi

Bangun pagi hari dengan kondisi mata panda jangan atasi dengan menyeduh kopi saja. Ambil beberapa sendok bubuk atau ampas kopi dan gunakan untuk masker mata. Penggunaan bubuk dan ampas kopi dalam menghilangkan mata panda cukup ampuh untuk membuat hari Anda tambah baik. Ikuti instruksi berikut ini untuk keterangan yang lebih lanjut.

  • Siapkan 2 sdt kopi dan putih telur,
  • Campur keduanya hingga membentuk pasta,
  • Gunakan jari yang bersih atau kuas untuk mengoleskannya di area mata,
  • Hindari mengoles kelopak mata agar bubuk kopi tidak masuk pada mata,
  • Biarkan selama 10 menit hingga mengering,
  • Bilas dengan air bersih.

10. Menempelkan Sendok Dingin

Tidak hanya sendok dingin, berbagai benda dengan suhu yang dingin sebenarnya bisa dimanfaakan untuk mengatasi mata panda. Sebab, hal utama yang mampu menghilangkan mata panda Anda dalah suhu dinginnya, bukan bendanya. Karena suhu dingin mampu menyempitkan pembuluh darah di sekitar area mata yang membuatnya tampak seperti mata panda.

Cara menghilangkan kantung mata atau mata panda dengan sendok dingin tidaklah mudah. Anda hanya perlu memilih sendok yang bersih serta memiliki lengkungan yang cocok dengan mata Anda. Jangan memaksakan diri ketika tidak menemukan yang sesuai sebab akan membahayakan mata Anda. Cukup tempelkan sendok di area mata Anda hingga Anda merasa mata panda Anda menghilang.

Berbeda dengan berbagai produk make up seperti concealer yang hanya mampu memanipulasi mata panda Anda hingga tampak normal, bahan-bahan di atas benar-benar bisa menghilangkan mata panda yang Anda miliki. Selain mudah di dapat, cara menghilangkan kantung mata hitam tersebut juga menuntut penggunaan bahan dan benda yang mudah Anda jumpai di sekitar rumah.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.