Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

19 Cara Menghilangkan Memar Yang Efektif Dengan Bahan Alami

Memar bisa terjadi karena pembulu darah kecil yang terletak di dekat permukaan kulit pecah karena cidera atau terbentuk yang mengakibatkan pembuluh darah bocor dan mengisi jaringan di sekitarnya. Inilah yang menyebabkan memar baru akan berwarna kemerahan dan setelah beberapa saat baru berubah menjadi ungu gelap serta biru, saat akan sembuh, maka warna memar akan berubah agak menguning.

Cara Menghilangkan Memar Secara Alami

Salah satu penyebab umum dari memar adalah akibat terbentur benda yang keras. Akan tetapi, jika gejala yang diperlihatkan semakin serius, maka kamu harus segera memeriksakan memar tersebut ke dokter. Ada beberapa cara menghilangkan memar yang cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah, apabila memar yang terjadi karena benturan ringan, berikut ulasan selengkapnya.

1. Memakai Es Batu

Es batu menjadi pertolongan pertama paling bagus untuk memar. Es akan bekerja untuk mendinginkan pembuluh darah yang rusak sehingga darah yang bocor bisa dikendalikan.

  • Tempelkan es batu selama 10 menit pada luka memar dan jangan menempelkan es batu lebih dari 20 menit.
  • Cara lain adalah dengan merendam handuk pada air dingin dan letakkan pada area memar selama 10 menit.

2. Botol Air Panas

Air panas yang ada di dalam botol akan memperlambat aliran darah pada jaringan yang mengalami memar sekaligus mengurangi pembekuan darah di sekitar memar tersebut.

  • Tempelkan botol berisi air panas pada area memar selama beberapa saat.
  • Cara lain adalah dengan kompres memakai air dingin terlebih dulu baru dilanjutkan dengan kompres air panas.
  • Selain air panas, kamu juga bisa berendam dalam air hangat atau dengan memakai uap air.

3. Cuka

Cuka akan bekerja secara efektif untuk menghilangkan gumpalan darah pada area tubuh yang memar. Campur cuka dengan air hangat dan oleskan pada area yang sakit selama beberapa saat untuk mengatasi pembekuan darah tersebut.

4. Nanas

Dalam buah nanas memiliki enzim bromelian. Kamu bisa mengkonsumsi buah nanas sehingga protein yang terkandung di dalamnya bisa memudarkan memar dengan lebih cepat.

5. Vitamin K

Vitamin K juga menjadi obat manjur untuk mengatasi memar, pembekuan darah dan juga rusaknya jaringan di dalam tubuh. Agar memar bisa cepat sembuh, kamu harus banyak mengkonsumsisayuran yang tinggi akan kandungan vitamin K sepeti kubis, brokoli dan berbagai sayuran hijau lainnya atau juga bisa membeli vitamin K di apotek.

6. Coklat

Coklat tidak hanya memiliki rasa yang sangat lezat, namun juga memiliki senyawa aktif bio kakao yang berperan sebagai anti inflamasi untuk mengatasi memar. Caranya cukup mudah, lelehkan coklat lalu balurkan pada memar selagi masih hangat dan cair.

7. Pepaya

Dalam buah pepaya mengandung enzim yakni papain yang sudah terbukti ampuh mengatasi berbagai masalah kulit. Saat kamu memiliki memar di tubuh, maka kamu bisa perbanyak untuk mengkonsumsi buah pepaya ini.

8. Kunyit

Kunyit sudah menjadi bumbu dapur terbaik untuk mengatasi berbagai masalah tubuh dan juga kulit. Kunyit juga bisa digunakan untuk menghilangkan memar karena sifat terapeutik serta anti bakteri yang kuat. Dalam kunyit juga mengandung senyawa kurkumin yang akan mengurangi rasa sakit dari memar dan membantu proses penyembuhan lebih cepat.

9. Bawang Merah

Bawang merah juga bisa kamu gunakan untuk menyembuhkan memar sebab memiliki sifat anti inflamasi, sehingga akan bekerja efektif pada sel kulit yang rusak. Kamu bisa menerapkan jus bawang merah pada memar di tubuh kamu, diamkan beberapa saat supaya kulit bisa menyerap nutrisi bawang merah dan mengobati pembuluh darah tersumbat serta pembekuan darah.

10. Lemon

Vitamin C tinggi terkandung di dalam buah lemon yang tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan kulit, namun juga untuk menyembuhkan memar. Oleskan sari jeruk lemon pada area tubuh yang memar dan gosok secara lembut selama 5 menit.

11. Kopi Hitam

Untuk menyembuhkan memar dalam waktu beberapa hari, kamu bisa memakai kopi hitam bubuk denan cara menaburkan di area memar kemudian bungkus dengan kain perban. Lakukan selama beberapa hari dan memar akan berangsur memudar dalam beberapa waktu.

12. Madu atau Gula

Dalam gula mempunyai sifat anti bakteri, sedangkan madu juga berperan aktif dalam mengatasi berbagai masalah tubuh termasuk menghilangkan memar lebih cepat. Aplikasikan gula atau madu pada area sekita memar dan gosok secara perlahan. Oleskan sirup gula atau madu hangat pada memar kemudian bungkus dengan perban dan biarkan hingga mengering, sehingga area kulit akan mengencang sekaligus menghentikan penyebaran memar di tubuh kamu.

13. Mentega

Salah satu bahan membuat kue yakni mentega juga mengandung senyawa anti inflamasi. Beberapa penelitian yang dilakukan membuktikan jika mentega bisa menyembuhkan berbagai masalah kulit, luka bakar dan juga memar ringan. Oleskan mentega pada luka memar dan pijat secara perlahan.

14. Jahe

Jahe juga mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan kulit. Kamu bisa membuat air rebusan jahe dan minum selagi hangat atau membalurkan jahe parut pada area memar di kulit sambil digosok dengan perlahan.

15. Minyak Atsiri dan Lavender

Lavender memiliki khasiat untuk menenangkan tubuh sekaligus analgesik yang membantu proses penyembuhan, sedangkan minyak atsiri sangat baik mempercepat proses penyembuhan sebab akan meresap dengan cepat ke lapisan kulit.

16. Pasta Gigi

Untuk menyembuhkan memar dengan cara yang mudah dan praktis adalah mengoles pasta gigi pada area lebam atau memar lalu bungkus dengan perban dan biarkan selama semalam. Esok paginya, anda akan melihat jika memar berangsur pulih dengan cara bertahap.

17. Parsley

Daun parsley atau peterseli juga bisa kamu gunakan untuk menyembuhkan memar sekaligus menyamarkan warna memar yang timbul pada kulit. Haluskan segenggam daun parsley dan oleskan di sekita kulit yang mengalami memar. Bungkus dengan perban elastis dan diamkan selama 8 menit.

18. Ekstrak Vanila

Antioksidan yang terkandung dalam ekstrak vanila akan meregenerasi kulit sekaligus mencegah memar berubah warna menjadi biru keunguan dan juga menyembuhkan memar dengan lebih cepat. Kamu bisa memberikan 2 tetes ekstrak vanila pada bagian memar dan lakukan pijatan lembut serta ulangi sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. Ekstrak vanila juga memiliki kandungan anti inflamasi yang akan menghilangkan sakit dari memar tersebut

19. Bawang Bombay dan Bawang Putih

Kombinasi dari bawang bombay dan bawang putih sangat efektif untuk meningkatkan pertumbuhan sel dan juga mencegah penumpukan gumpalan darah di bawah kulit sekaligus mengurangi radang. Haluskan sepotong bawang bombay dan bawang putih lalu terapkan langsung pada area memar kulit kamu.

Beberapa cara menghilangkan memar yang sudah kami berikan merupakan cara termudah dan termurah yang bisa kamu lakukan di rumah. Bahan-bahan tersebut akan bekerja dengan efektif untuk mencegah gumpalan darah, menyamarkan warna memar sekaligus menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan dari memar tersebut. Lakukan secara teratur sampai memar bisa sembuh total.


Pencarian:
  • cara menghilangkan memar
  • https://karyasehat com/cara-menghilangkan-memar/
  • Cara mengatasi memar
  • caramenghilangkanmemar
  • cara menghilangkan memar biru pada bayi
  • cara menghilangkan memar dengan jahe
  • menghilangkan lebam
  • cara menghilangkan bekas memar
  • cara menghilangkan lebam dengan cepat
  • cara menghilangkan lebam
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.