Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

15 Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat, Alami dan Paling Ampuh

Panu adalah infeksi yang terjadi karena infeksi jamur sehingga pada permukaan kulit timbul bercak berwarna putih. Bercak tersebut bisa lebih terang atau lebih gelap dari warna asli kulit kamu dan untuk beberapa kasus juga ada yang berwarna merah atau pink. Panu atau versicolor merupakan jenis penyakit kulit yang tidak menular.
Bercak putih ini akan semakin banyak dan melebar dan akan menimbulkan rasa gatal serta tekstur kulit yang berubah menjadi kasar serta bersisik. Bagian tubuh yang sering terkena panu diantaranya adalah lengan bagian atas, dada, punggung, perut dan juga leher. Panu memang bukan penyakit yang tidak berbahaya, akan tetapi rasa gatal yang ditimbulkan akan terasa tidak nyaman untuk penderita dan menganggu penampilan.

Penyebab Panu

Penyebab panu adalah jamur malassezia yang berkembang secara tidak terkendali, sedangkan tingkat kebersihan juga mempengaruhi dari timbulnya panu tersebut. Akan tetapi para ahli juga berpendapat jika ada beberapa penyebab lain dari timbulnya panu tersebut, seperti:

  • Berada di tempat lembab dengan suhu yang hangat
  • Mempunyai jenis kulit yang berminyak
  • Biasanya dialami remaja antara 20 tahun
  • Sering berkeringat secara berlebihan
  • Perubahan hormon
  • Tingkat kekebalan tubuh rendah

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami

Untuk menyembuhkan panu, umumnya bisa dilakukan dengan memakai obat salep yang bisa dibeli bebas di berbagai apotek. Namun, jika kamu ingin melenyapkan bercak putih secara alami, maka beberapa cara menghilangkan panu secara alami berikut bisa kamu coba.

1 Lidah Buaya atau Aloe Vera

Tanaman lidah buaya cocok untuk dipakai segala jenis kulit seluruh dunia. Lidah buaya menjadi obat efektif untuk menghilangkan panu. Aloe vera mengandung vitamin B12 serta alkalize yang akan berperan membunuh jamur malassezia globosa penyebab panu sehingga tidak menyebar ke permukaan kulit yang lain.

2. Soda Kue

Baking soda atau soda kue juga bisa mencegah jamur sehingga infeksi tidak menyebar sekaligus menyeimbangkan pH. Gunakan baking soda sebagai scrub khususnya pada area yang terkena panu. Baking soda ini juga akan berguna untuk menghilangkan sel kulit mati yang menempel pada kulit.
Sebelum mandi, oleskan baking soda pada panu dan diamkan sekitar 10 menit lalu mandi seperti biasa dan bersihkan kulit dengan scrub agar hasil bisa maksimal hanya dalam waktu beberapa hari saja.

3. Yoghurt

Yoghurt tidak hanya baik untuk dikonsumsi sehingga pencernaan bisa terjaga kesehatannya, namun juga berguna untuk menghilangkan panu dari permukaan kulit. Yoghurt akan mengedalikan pertumbuhan dari jamur serta ragi secara alami. Caranya adalah dengan mengoleskan yoghurt ke area panu sebelum mandi dan diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan sabun ringan.

4. Cuka Apel

Cuka apel menjadi salah satu bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan panu. Tambahkan 1 mangkuk cuka apel ke dalam bak rendaman mandi kamu. Cara lain adalah dengan mencelupkan kapas pada cuka apel dan mengaplikasikannya langsung ke area panu. Hal yang perlu diingat, cuka apel akan membuat kulit menjadi kering, sehingga jangan terlalu lama memakainya dan tambahkan dengan lotion untuk menjaga kelembaban kulit kamu.

5. Tea Tree Oil

Salah satu jenis minyak alami ini juga berkhasiat sebagai anti jamur dan sering digunakan untuk mengobati berbagai macam infeksi serta masalah pada kulit termasuk panu. Namun, jangan gunakan tea tree oil secara langsung ke permukaan kulit, sebab merupakan cairan yang cukup keras sehingga akan menimbulkan sensasi seperti terbakar. tambahkan dengan minyak kelapa atau minyak lavender dan baru aplikasikan pada area panu.

6. Kunyit

Cara mengobati panu secara alami juga bisa menggunakan kunyit. Salah satu tanaman rempah ini juga sudah terbukti efektif untuk menyembuhkan luka, infeksi, penyakit dalam dan sebagainya. Untuk menghilangkan panu, kamu bisa buat pasta dari kunyit yang dihaluskan dengan sedikit air lalu terapkan pada panu dan diamka selama 30 menit lebih. Setelah itu, bilas bersih dan hasilnya akan terlihat hanya dalam hitungan beberapa hari saja.

7. Bawang Putih

Obat yang sudah terbukti bisa menghilangkan panu secara alami dan ampuh adalah bawang putih. Kamu bisa menghaluskan 1 samapi 2 siung bawng putih lalu mengoleskan pada are panu dan diamkan selama 30 menit sebelum mandi kemudian bilas dengan sabun ringan sampai bersih.

8. Ekstrak Biji Grapefruit

Ekstrak biji grapefruit sangat baik untuk mengatasi berbagai infeksi dan memiliki khasiat sebagai anti virus serta anti bakteri. Caranya, oleskan ekstrak biji anggur ke permukaan kulit yang terinfeksi sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari.

9. Listerine

Listerine yang merupakan mouthwash ini juga bisa digunakan untuk panu tidak hanya sebagai obat kumur. Celupkan kapas dalam listerine dan terapkan pada panu sebanyak 2 kali sehari lalu cuci dan gosok secara perlahan. Panu akan berangsur hilang dalam hitungan 1 minggu.

10. Minyak Kelapa

Minyak kelapa akan bertugas untuk menenangkan kulit dan juga mengobati panu. Cara menggunakannya juga sangat mudah, yakni dengan mengoleskan minyak kelapa di area panu dan sedikit ditambahkan dengan pemijatan lembut setiap hari. Asam alami akan menyembuhkan kulit sekaligus menghilangkan infeksi.

11. Madu

Madu merupakan obat panu tradisional yang sudah digunakan sejak dahulu kala. Seperti yang kita ketahui, madu sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit sehingga kulit bisa tetap lembut dan kenyal. Madu juga menjadi obat penghilang panu yang efektif dan hasilnya bisa dirasakan dengan cepat apabila digunakan secara teratur setiap hari.

12. Minyak Atsiri

Minyak atsiri mengandung banyak manfaat yang sangat luar biasa, karena itu sering digunakan untuk minyak esensial dalam mengatasi berbagai penyakit termasuk panu. Kamu bisa membuat lotion alami dari minyak atsiri yang dicampur dengan minyak kelapa. Oleskan secara teratur sesudah mandi setiap hari dan infeksi panu akan hilang dalam waktu seminggu.

13. Biji Mustard

Biji mustard juga memiliki khasiat untuk membasmi jamur penyebab panu serta kurap. Biji mustard mempunyai kandungan vitamin, mineral dan minayk esensial yang cocok untuk segala jenis kulit. Haluskan biji mustard dan campur dengan air sampai membentuk pasta kental lalu oleskan pada area panu dan biarkan sampai kering lalu lakukan scrub untuk menghilangkan pasta tersebut dan bilas dengan air bersih.

14. Jus Lemon

Cara menghilangkan panu dengan lemon. Jus lemon sudah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, wajah serta rambut dan kulit. Kandungan dalam jus lemon akan mengubah dan menstabilkan kadar pH di dalam tubuh sehingga bakteri tidak akan berkembang biak. Lemon juga memiliki kandungan asam sitrat serta vitamin C yang tinggi sehingga bisa membunuh bakteri penyebab panu.
Caranya campur 1 sendok makan jus lemon dengan air lalu oles pada area panu dan biarkan selama semalam lalu bilas keesokan paginya. Jangan mengaplikasikan jus lemon tanpa dicampur dulu dengan air karena bisa membuat kulit iritasi.

15. Minyak Oregano

Minyak oregano memiliki kandungan anti jamur yang sangat kuat dan akan melawan panu serta penyakit kulit lainnya. Campur minyak oregano dengan minyak zaitun lalu celupkan kapas dan oleskan pada panu kemudian biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan secara teratur 1 kali sehari dalam beberapa minggu atau sampai panu hilang.

Oleh karena cara menghilangkan panu yang sudah kami sebutkan memakai bahan alami, maka perlu dilakukan secara rutin sehingga hasil bisa memuaskan. Lakukan juga tindakan pencegahan supaya kamu tidak terjangkit penyakit kulit memalukan ini yakni dengan menjaga kebersihan kulit serta mengkonsumsi berbagai makanan bergizi.


Pencarian:
  • cara menghilangkan panu
  • cara menghilangkan panu dalam semalam
  • cuka apel untuk panu
  • cara menghilangkan panu dengan cepat
  • menghilangkan panu dengan baking soda
  • penghilang panu
  • lemon untuk menghilangkan panu
  • cara mengobati panu
  • https://karyasehat com/cara-menghilangkan-panu/
  • manfaat buah alami yg bisa menghilangkan panu
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.