Blog Kesehatan dan Kecantikan Indonesia

8 Cara Mengobati Kaki Pecah-Pecah Dengan Cepat dan Ampuh

Tumit kaki menjadi salah satu bagian paling kering di tubuh kita, sehingga sangat wajar jika tumit kerap terasa kering dan tidak lembab. Tumit yang kering bisa saja menjadi pecah-pecah, terutama jika jarang dirawat dan diberi pelembab. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan tumit menjadi pecah-pecah, di antaranya: kondisi cuaca yang terlalu panas, kurangnya perawatan pada bagian tumit, atau bahkan kebiasaan tidak menggunakan sandal saat berada di luar rumah.

cara mengobati kaki pecah-pecah

Apapun penyebabnya, kaki pecah-pecah ini tentu akan sangat mengganggu dan terlihat tidak indah. Kondisi ini juga bisa saja dibarengi dengan rasa nyeri pada bagian tumit tersebut, apalagi jika kondisi tumit memang terbilang parah dan begitu kering. Jika terus dibiarkan, maka kaki yang pecah-pecah ini bisa saja semakin parah dan sulit untuk dihilangkan.

Cara Mengobati Kaki Pecah-Pecah Secara Alami

Ada banyak cara mengobati kaki pecah-pecah yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Gunakan air mawar + gliserin

Memiliki kandungan pelembab yang tinggi, air mawar dan gliserin dapat diandalkan untuk mengatasi masalah kaki pecah-pecah, bahkan yang cukup parah sekalipun. Ambil dua sendok makan air mawar, lalu tambahkan dengan satu sendok maka gliserin.

cara mengobati kaki pecah-pecah

Aduk kedua bahan tersebut di dalam mangkuk hingga merata dan tercampur dengan baik. Lalu oleskan pada bagian kaki yang pecah-pecah secara merata, lakukan hal ini secara teratur, setidaknya 3 sampai 5 kali dalam sehari. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan perawatan ini setiap hari selama 1 hingga 2 minggu.

Baca Juga → Cara Menghilangkan Bulu Kaki

2. Hindari penggunaan hak yang terlalu tinggi

Kaki yang pecah-pecah juga mungkin semakin parah akibat kondisinya terlalu lelah, salah satunya karena penggunaan sepatu hak tinggi yang terlalu lama. Agar kaki cepat pulih dan membaik kembali seperti sebelumnya, maka upayakanlah untuk tidak membuatnya bekerja terlalu keras. Hindari penggunaan sepatu hak tinggi, setidaknya selama proses perawatan kaki hingga kaki membaik kembali.

3. Oleskan gel lidah buaya

Cara mengobati kaki pecah-pecah menggunakan gel lidah buaya untuk melembabkan bagian tubuh tentu bukan lagi hal yang baru bagi kita, sebab kandungan vitamin E yang tinggi pada lidah buaya memang kerap dijadikan sebagai pilihan oleh banyak orang. Ambil sepotong lidah buaya (sekitar 5 cm), lalu belah bagian tengahnya hingga gelnya terlihat.

cara mengobati kaki pecah-pecah

Oleskan bagian gel tersebut secara langsung pada bagian kaki yang pecah-pecah dan biarkan hingga mengering, tidak perlu dibilas setelahnya. Lakukan hal ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari, agar gel bisa bekerja dengan maksimal.

4. Rendam dengan minyak zaitun

Kondisi kaki yang pecah-pecah dan kering ini bisa juga diatasi dengan menggunakan minyak zaitun, sebab minyak zaitun sangat efektif untuk melembabkan kulit, bahkan yang paling kering sekalipun. Buatlah kaki rileks selama proses perawatan, agar lebih mudah pulih. Ambil 4 liter air hangat dan masukkan ke dalam baskom yang lebar, di mana kedua kaki bisa masuk dan rileks di dalamnya. Tuangkan 5 sendok makan minyak zaitun, lalu rendam kedua kaki di dalam baskom tersebut selama 20 menit.

5. Gunakan sepatu yang nyaman

Untuk menghilangkan kaki pecah-pecah, buatlah kaki senyaman mungkin, bahkan ketika sedang beraktifitas sekalipun. Gunakan sepatu dalam ukuran yang pas dan tidak membuat kaki berkeringat, sebab sepatu yang terlalu sempit biasanya akan memicu keringat dan membuat kaki bekerja dengan kondisi tidak nyaman.

Pilih juga bahan sepatu yang lentur dan nyaman, agar kaki lebih rileks selama menggunakannya, terutama jika sepanjang hari menggunakan sepatu yang sama. Hal ini membuat kaki tidak mudah lelah dan lebih cepat pulih.

6. Pijat dengan pasta mentimun

Untuk mengatasi kekeringan pada kaki yang pecah-pecah, pasta mentimun juga sangat ampuh dan bisa bekerja degan cepat pada kaki. Ambil satu buah mentimun segar, kupas dan hilangkan getahnya dengan cara mencucinya hingga bersih.

cara mengobati kaki pecah-pecah

Parut mentimun tersebut dengan menggunakan parutan keju, termasuk bagian dalamnya (biji). Terapkan pasta pada bagian tumit yang pecah-pecah, atau bisa juga dengan menaruhnya pada wadah ceper yang bisa dijejaki kedua tumit kaki, biarkan hingga meresap. Setelah 20 menit, pijat lembut kaki dengan menggunakan pasta mentimun, lalu bersihkan dengan air dingin.

7. Oleskan kulit pisang

Mengandung vitamin E yang tinggi, kulit pisang juga bisa melembabkan dan meregenerasi kulit dengan baik. Gunakan kulit pisang yang telah matang sempurna, sehingga bagian dalam kulit telah lembut dan mudah diterapkan pada kaki. Oleskan bagian dalam kulit pisang ini pada kaki yang pecah-pecah dengan lembut, lalu biarkan meresap hingga 15 menit. Lakukan hal ini 2-3 kali dalam sehari, sehingga kondisi kaki cepat pulih dan membaik.

8. Pijat dengan minyak kastor

Khasiat minyak ini untuk melembabkan tentu tidak perlu diragukan lagi. Minyak kastor atau yang dikenal dengan minyak jarak ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kaki pecah-pecah. Ambil 2 sendok makam minyak kastor, lalu pijatkan pada tumit yang pecah-pecah dengan lembut.

cara mengobati kaki pecah-pecah

Biarkan meresap hingga 20 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan langkah ini 2-3 kali dalam seminggu.

Kondisi tumit yang pecah-pecah seringkali menjadi sebuah pemandangan yang tidak indah pada kaki, segera atasi hal ini dengan baik, agar kaki menjadi sehat kembali.

Cara mengobati kaki pecah-pecah, tidaklah harus selalu menggunakan berbagai bahan yang sulit ditemukan. Tidak perlu mahal, sebab ada banyak bahan alami rumahan yang bisa diandalkan untuk mengatasi masalah kaki pecah-pecah.


Pencarian:
  • cara mengobati kaki pecah pecah
  • cara mengatasi kaki pecah pecah
  • cara mengobati kaki pecah pecah dengan cepat
  • https://karyasehat com/cara-mengobati-kaki-pecah-pecah/
  • cara mengatasi kaki pecah pecah yang sudah parah
  • cara mengobati kaki pecah pecah parah
  • cara menghilangkan kaki pecah pecah
  • Cara mengobati kaki
  • cara menghilangkan kaki pecah
  • cara mengobati kaki pecah pecah tradisional
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.